Rupa-Rupa Keinginan Menyeretmu Pada Pencobaan!

Renungan Harian Misioner
Selasa, 18 Februari 2020
P. S. Flavianus
Yak. 1:12-18; Mzm. 94:12-13a,14-15,18-19; Mrk. 8:14-21

Pencobaan itu datang dari mana? Apakah benar Tuhan yang memberikan kita pencobaan atau mencobai kita? Rasul Yakobus menyatakan bahwa hal itu tidaklah benar. “… Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.”

Manusia selalu memiliki keinginan. Sebenarnya hal itu sesuatu yang normal dan wajar saja. Yang kemudian menjadi tidak wajar adalah ketika manusia tidak mampu mengontrol keinginannya. Saat rupa-rupa keinginan menguasai diri kita, di situlah celah terbuka bagi si jahat untuk menyelinap masuk. Si jahat kemudian meniupkan tipu muslihat ke dalam pikiran dan hati kita, seribu satu macam cara untuk dapat mewujudkan keinginan yang kita miliki. Kesadaran kita pun menguap, mata kita dibutakan, tak mampu lagi mengenali wajah si jahat. Dan kita pun tergelincir, jatuh dalam pencobaan. Dosa dan maut telah menanti dengan seringai kemenangan.

Rupa-rupa keinginan melahirkan pencobaan. Ingin populer, ingin kaya, ingin berkuasa, ingin akan milik orang lain, ingin selalu menang, ingin ini, ingin itu… Keinginan tak pernah ada habisnya. Lalu, apakah tujuan hidup kita hanya untuk mengejar segala keinginan kita? Ataukah sebaliknya, menyadari penuh akan kedagingan kita dan godaan keinginan itu, kita mau terus berusaha menundukkan diri kita, memegang teguh iman akan Tuhan sang pemilik segalanya?

Tuhanlah yang memberi segala yang baik dan anugerah yang sempurna. Beriman pada Tuhan, berarti kita dapat menerima apa yang terjadi dalam hidup kita apa adanya. Kita tidak menempuh segala cara, terutama yang tidak baik dan tidak benar, hanya untuk mewujudkan keinginan diri. Kita percaya bahwa ketika keinginan itu tidak dapat kita raih, itu berarti Tuhan berkehendak lain. Bukan keinginanku tetapi kehendak-Nya lah yang terbaik untukku.

(Angel – Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Mendengarkan jeritan para migran: Semoga tangis saudara-saudari kita para imigran, korban kejahatan perdagangan manusia didengarkan, ditanggapi secara serius, dan ditindaklanjuti oleh semua pihak terkait. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Panggilan hidup bakti: Semoga para imam dan kaum religius mampu menjadikan hidupnya inspirasi dan kesaksian bagi kaum muda agar mereka terdorong untuk berani mengikuti panggilan menjadi imam dan hidup membiara. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mempersembahkan kesediaan para Pelayan Pastoral dan Kader awam di Keuskupan agar semakin bersikap dan bertindak adil, dan menjadi cermin Keadilan Ilahi. Kami mohon…

Amin

One thought on “Rupa-Rupa Keinginan Menyeretmu Pada Pencobaan!

  1. Apa beda “keinginan” dengan “harapan” ??

    Manusia bisa Hidup “Tanpa” :
    Minum, 127 Jam.
    Tanpa Tidur, 72 Jam.
    Tanpa Bernapas, 7 Menit.
    Tanpa “harapan/keinginan”, 1 detik.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s