“Saksi Kristus”: Bukan karena Hebatku

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 22 Februari 2020
Pesta Tahta St. Petrus
1Ptr. 5:1-4; Mzm. 23:1-3a,3b-4,5,6; Mat. 16:13-19

Kita, sebagai umat Kristus, juga menjadi bagian dari Paguyuban Umat Beriman (Gereja), yang sejak awal dilayani oleh para Rasul Kristus dan/atau orang-orang yang dipercaya oleh mereka itu. Para Rasul maupun murid-murid utamanya melayani umat, bukan karena keperkasaan atau kepandaian mereka, melainkan karena menjadi “saksi Kristus” dan karena itu diutus Kristus. Itulah yang diingatkan Petrus, dalam suratnya hari ini. Sebab sifat banyak manusia, bila mempunyai pengaruh atas suatu perkumpulan, adalah mengandalkan kekuatan sendiri; bahkan kadang mau ‘merendahkan orang lain, demi kewenangannya sendiri’. Kadang kala malah mencari keuntungan sendiri. Petrus mengundang para pelayan umat untuk mengabdi umat. Dengan demikian mereka juga menjadi teladan bagi sesamanya. Untuk itu, mereka diajak meminta kerendahan hati dalam jemaat.

Antar Bacaan hari ini membawa kita pada dasar pesan Petrus dalam Bacaan Pertama, yakni bahwa memang umat kerap disebut ‘domba’, tetapi ‘gembala utama adalah Tuhan’. Tuhanlah gembala yang membawa seluruh umat pada ‘kesejahteraan iman’. Bila Mazmur itu sering didoakan oleh pelayan umat, maka segala kebutuhan dalam pendampingan umat akan dipenuhi Tuhan dan seluruhnya akan “diam dalam rumah Tuhan”. Oleh sebab itu mereka tidak perlu khawatir.

Sumber terdalam dari sikap Petrus di atas adalah penegasan Yesus, bahwa Gereja didirikan oleh Yesus; bukan oleh kesepakatan para Rasul. Sebab, Yesus Kristuslah Sang “Mesias, Anak Allah”, suatu perwahyuan dari Allah sendiri. Lalu, posisi istimewa Petrus dalam jemaat, dianugerahkan oleh Tuhan, bukan oleh sukses dan ketokohan Petrus. Kenyataan ini sekaligus membuat Petrus perlu rendah hati, namun juga memiliki keberanian. Sebab, ia ada di tangan Tuhan. Sementara itu, kekuatan dan kekuasaan pemuka Gereja ini, bukanlah karena ‘kerasnya si batu karang’ (Petra), melainkan karena rahmat Tuhan Yesus Kristus.

Ini bukan sekedar “kepercayaan diri” para pemuka Gereja, melainkan “suatu karunia, yang dipercayakan Sang Putera, agar dengan ‘energi dari Roh Kudus, dapatlah seluruh murid Kristus, didampingi untuk berpadu dalam Keluarga Allah”. Keyakinan itu hanya mungkin dengan iman kepada Mesias. Oleh sebab itu para Rasul tidak boleh ‘mengobral’-nya kepada orang lain.

Demikianlah Petrus memang ‘duduk di tahta’ tetapi bukan karena jasanya, melainkan karena pengutusan Sang Mesias. Begitu pula para pengganti dan asisten-asistennya.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Mendengarkan jeritan para migran: Semoga tangis saudara-saudari kita para imigran, korban kejahatan perdagangan manusia didengarkan, ditanggapi secara serius, dan ditindaklanjuti oleh semua pihak terkait. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Panggilan hidup bakti: Semoga para imam dan kaum religius mampu menjadikan hidupnya inspirasi dan kesaksian bagi kaum muda agar mereka terdorong untuk berani mengikuti panggilan menjadi imam dan hidup membiara. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mempersembahkan kesediaan para Pelayan Pastoral dan Kader awam di Keuskupan agar semakin bersikap dan bertindak adil, dan menjadi cermin Keadilan Ilahi. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s