Mengikut Kristus & Menjadi Mukjizat Bagi Sesama

Renungan Harian Misioner
Kamis, 27 Februari 2020
Hari Kamis sesudah Rabu Abu
Ul. 30:15-20; Mzm. 1:1-2,3,4,6;Luk. 9:22-25

Bagi sebagian dari kita sangat mudah untuk kagum pada pribadi tertentu jika ia terkenal karena hal-hal besar: mengentaskan kemiskinan, membawa kesembuhan, membagikan makanan kepada mereka yang membutuhkan atau bahkan sanggup memberikan beragam mukjizat. Sosok yang demikian akan dengan mudah mendapat perhatian publik dan dikerumuni oleh orang banyak. Hal yang demikian itu terjadi di zaman Yesus, ketika Ia berkeliling dengan para rasul mewartakan Kabar Sukacita. Namun seperti kita lihat, berkali-kali Yesus memperingatkan agar misi-Nya tidak disalahartikan sebagai sekedar ‘pembuat mukjizat’. Misi-Nya jauh lebih besar dari itu.

Injil hari ini merupakan bagian dari beberapa perikop di mana Penginjil Lukas ingin mengajak kita mengenal lebih dalam ‘Siapakah Yesus itu’ – hal yang juga menarik perhatian Herodes (Luk. 9:9). Dalam kisah sebelumnya Yesus membangkitkan anak Yairus, lalu Ia memberi makan lima ribu orang, dan akhirnya Petrus memberikan pengakuan bahwa Ia adalah Mesias. Dan tepat setelah segala ‘hal-hal besar’ itu Yesus mengatakan bagaiamana Anak Manusia akan menderita, ditolak, dan wafat di Salib. “Setiap orang yang ingin mengikut Aku harus menyangkal diri, memikul salib, dan mengikut Aku” (Luk. 9:23). Mukjizat dan segala penyembuhan merupakan anugerah Allah karena iman dan bukan tujuan beriman itu sendiri. Sebab menjadi orang Kristiani dan mengikut Kristus berarti terlibat dalam semua kompleksitas hidup ini. Di dalam penderitaan, ketidakadilan, kemiskinan, kegagalan, penolakan, yang kita alami bukan ‘pelarian’ yang kita utamakan tetapi keyakinan bahwa dalam situasi seperti itu Allah beserta kita. Lihat bagaimana Yesus mengalami hal serupa sebagai manusia.

Bertekun dalam cinta kasih bahkan dalam situasi kehidupan yang sulit menempatkan kita pada jalan salib bersama Kristus di dunia. Itulah penyangkalan diri kita dari tawaran untuk mencari pelarian dan jalan pintas. Hanya ketika kita mampu bertahan dalam iman di tengah himpitan hidup, mukjizat akan nyata. Mukjizat bukan semata-mata ‘magic’. Mukjizat itu nyata juga dalam hal-hal sederhana. Dan tanpa kita sadari melalui sukacita, pengampunan, perhatian dan belas kasih yang tak kunjung pudar, kita sendiri telah menjadi mukjizat Allah bagi sesama.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Mendengarkan jeritan para migran: Semoga tangis saudara-saudari kita para imigran, korban kejahatan perdagangan manusia didengarkan, ditanggapi secara serius, dan ditindaklanjuti oleh semua pihak terkait. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Panggilan hidup bakti: Semoga para imam dan kaum religius mampu menjadikan hidupnya inspirasi dan kesaksian bagi kaum muda agar mereka terdorong untuk berani mengikuti panggilan menjadi imam dan hidup membiara. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mempersembahkan kesediaan para Pelayan Pastoral dan Kader awam di Keuskupan agar semakin bersikap dan bertindak adil, dan menjadi cermin Keadilan Ilahi. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s