Berhentilah Mencobai Tuhanmu!

Renungan Harian Misioner
Minggu, 15 Maret 2020
HARI MINGGU PRAPASKAH III
Kel. 17:3-7; Mzm. 95:1-2,6-7,8-9; Rm. 5:1-2,5-8; Yoh. 4:5-42 (panjang) atau Yoh. 4:5-15,19b-26,39a,40-42 (pendek)

Apa sifat warisan yang kita miliki dari bangsa Israel? Mudah bersungut-sungut! Ketika keadaan mudah, menyenangkan dan semuanya berjalan baik, kita dengan cepat mengangkat puji-pujian, memuji kebaikan Tuhan. Namun ketika keadaan berubah menjadi sulit, kita pun dengan mudah berbalik, bersungut-sungut, mengeluh, bahkan tak jarang kita berani menuntut Tuhan!

Bila kita membaca Kitab Keluaran, kita mungkin merasa gemas, bagaimana mungkin bangsa Israel ini tidak juga belajar dan mengubah sikap? Berulang kali mereka dihadapkan pada kesulitan, selalu pada akhirnya Allah datang menolong. Tapi mengapa mereka tak juga beriman teguh pada-Nya? Mengapa mereka selalu harus kembali “bersungut-sungut” dulu, sebelum kemudian kembali percaya dan mengakui kebesaran Tuhan?

“Adakah Tuhan di tengah-tengah kita atau tidak?” Inilah perkataan yang dilontarkan bangsa Israel ketika mereka mencobai Tuhan di Masa dan Meriba. Namun kalimat itu harusnya tidak asing bukan bagi kita? Mungkin pernah kita cetuskan, meskipun hanya di dalam hati, dan hanya kita serta Tuhan yang bisa mendengarnya. Coba ingat-ingat, ketika kesulitan itu terasa tak berujung, ketika beban itu serasa tak tertanggungkan, ketika kekuatan kita menipis dan iman kita mulai menyusut… Kita pun sering tergoda untuk mencobai Tuhan, mempertanyakan kehadiran-Nya, mempertanyakan kuasa-Nya, dan menagih janji kasih setia-Nya. Sama seperti bangsa Israel, yang tak kunjung sadar, yang tak kunjung beriman teguh.

Kisah masa lalu dan sejarah dapat menjadi pembelajaran bagi kita. Pertama, kita dapat melihat bukti penyertaan dan janji kasih setia Allah kepada umat-Nya. Kedua, kita dapat menyadari kelemahan manusia, yang begitu mudah jatuh dari beriman menjadi ‘amnesia’ terhadap Tuhannya dalam sekejap hanya karena diguncang oleh kesulitan duniawi.

Beriman bukan sekedar percaya. Beriman menuntut ketahanan terutama dalam situasi-situasi yang sulit. Dalam momen-momen seperti itulah iman kita bukan hanya diuji melainkan juga ditempa, dikuatkan dan bertumbuh. Kesulitan dan penderitaan adalah gada dan api yang akan menajamkan serta mengokohkan iman kita. Karena itu jangan pernah takut akan kesulitan dan penderitaan. Juga jangan bersungut-sungut, karena Tuhan selalu hadir menyertai kita. Ia tak pernah lalai. Jangan pertanyakan ke mana Dia ketika kabut gelap menutupi pandangan kita sehingga kita tak mampu melihat-Nya. Jangan mencobai Dia. Tetap kokohkan kedua kakimu, teruslah tegak berdiri menyongsong kesulitan dan ingatlah akan kisah bangsa Israel. Tuhan pasti datang menolong. Tuhan kita selalu setia.

(Angel – Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Umat Katolik di Cina: Semoga umat Katolik di Cina bertahan dalam keteguhan iman pada Injil dan bertumbuh dalam persatuan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pasar tradisional: Semoga di tengah merebaknya mal-mal modern, pasar-pasar tradisional tetap bisa berfungsi dan memperoleh hak hidupnya sehingga pedagang-pedagang kecil tetap bisa menjalankan aktivitas ekonominya. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami menghunjukkan Masa Prapaskah: untuk menjadi masa Penyelenggaraan Latihan Keadilan bagi seluruh umat Keuskupan kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s