Kita Tidak Sendirian dalam Pencobaan

Paus Fransiskus mengatakan: “Dalam Pencobaan kita tidak sendirian, mari kita percayakan diri kita kepada Kristus”

Vatikan, 1 April 2020 – Dalam sambutannya pada waktu audiensi umum, Paus mengingatkan bahwa Yesus adalah teman yang setia, yang menemani kita dan tidak pernah mengecewakan, dan dalam Salibnya kita menemukan “dukungan dan kenyamanan di tengah kesengsaraan hidup”. Karena itu, Paus Fransiskus mengundang kita untuk mempercayakan diri kita dan berdoa pada malam vijili peringatan 15 tahun meninggalnya Santo Yohanes Paulus II.

Yesus adalah teman yang setia “yang mengisi hidup kita dengan kebahagiaan, bahkan di masa-masa sulit”, yang “menemani kita dan tidak pernah mengecewakan”. Di dalam Dia dan dengan Dia kita tidak sendirian dan di kayu Salib hati kita menemukan “dukungan dan kenyamanan di tengah kesengsaraan hidup”. Karena itu Paus Fransiskus menyapa umat beriman dalam berbagai bahasa, yang terhubung melalui media dengan perpustakaan Istana Apostolik, di akhir katekese pada waktu audiensi umum.

Manusia dalam ketakutan, Mempercayakan Dirinya pada Belas Kasih Ilahi

Kepada orang Polandia, Paus mengatakan bahwa: manusia zaman sekarang melihat “tanda-tanda kematian” dan “hidup dalam ketakutan, terancam pada inti keberadaannya”. Di masa-masa sulit ini, kita diundang untuk “membiarkan pikiran kita berlari kepada Kristus, dan ketahuilah bahwa kita tidak sendirian, Dia menemani kita dan tidak pernah mengecewakan”. Percayakanlah  kepada “Rahmat Ilahi-Nya dan kepada Santo Yohanes Paulus II, yang besok kita peringati 15 tahun kematiannya.

Bagi orang Portugis: Lihatlah Salib, Yesus Mengatasi Kejahatan di sana

Pekan Suci sudah dekat, Paus Fransiskus mengundang umat beriman Portugis untuk melihat “Salib, di mana Yesus menanggung semua beban penderitaan dan dosa umat manusia kepada diri-Nya”. Bagi Paus, “kita tidak bisa melupakan tragedi zaman kita ini, karena sengsara Tuhan berlanjut dalam penderitaan manusia”. Tetapi harapannya bahwa “hati kita akan menemukan dukungan dan penghiburan di tengah kesengsaraan hidup; dengan memeluk Salib seperti Tuhan Yesus lakukan, dengan kepercayaan kepada kehendak Allah, maka kita ikut ambil bagian dalam penderitaan dan kebangkitan-Nya”.

Dalam peristiwa-peristiwa kehidupan, temukan Penyelenggaraan Ilahi

Ditujukan kepada orang-orang Jerman. Paus Fransiskus menekankan bahwa dengan merenungkan “wajah Tuhan yang disalibkan dan mati bagi kita”, dalam masa percobaan ini, kita dapat mengenali” di dalan Salibnya sumber harapan dan sukacita sejati, yang melaluinya, Ia telah mengatasi semua kejahatan”. Kepada orang-orang Spanyol, Paus meminta untuk menemukan penyembuhan Tuhan “dalam peristiwa kehidupan sehari-hari”. Dan mengundang kita untuk mengingat, di saat-saat pencobaan dan kegelapan ini, “semua saudara dan saudari kita yang menderita, dan mereka yang membantu dan menemani mereka dengan kasih dan kemurahan hati”.

Terima kasih, “Anak-anak Milan, jangan kehilangan harapan pada Yesus”

Akhirnya, kepada umat beriman yang berbahasa Italia, Paus Fransiskus menyambut khususnya “kelompok-kelompok yang telah lama memesan untuk hadir hari ini”, termasuk “orang-orang muda kelompok kategorial dari Keuskupan Milan”. “Orang-orang muda yang terkasih, kata Paus Fransiskus, walaupun ziarah Anda ke Roma hanya virtual, saya dapat merasakan kehadiran Anda yang ceria dan bersorak sorai, dari pesan tertulis yang kalian kirimkan kepada saya”. Paus berterima kasih kepada mereka, dan mendorong mereka “untuk selalu menghayati iman dengan antusias dan tidak kehilangan harapan pada Yesus, teman setia yang mengisi hidup kita dengan kebahagiaan, bahkan di saat-saat sulit”. Hari-hari Prapaskah terakhir keinginannya mendukung “persiapan yang memadai untuk perayaan Paskah, yang masing-masing mengarah pada kedekatan yang lebih terasa dengan Kristus”.

 

(Vatican News. Terj. oleh YH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s