Berani Bangkit Bersama Tuhan

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 11 April 2020
SABTU SUCI
Kej. 1:1 – 2:2 (panjang) atau Kej. 1:1,26-31a (pendek); Mzm. 104:1-2a,5-6,10,12,13-14,24,35c; Mat. 28:1-10

Sahabat-Sahabat Tuhan Ytk! Selamat merayakan Kebangkitan Tuhan. Ulasan Biblis Spiritual di Sabtu Alleluya ini mengajak kita merenungkan pancaran CAHAYA KEBENARAN Sabda Tuhan pada MALAM CAHAYA.

  • CAHAYA KEBENARAN dari Kisah penciptaan mengajak kita untuk bangkit dari kelobaan manusia duniawi kita yang hanya mau menggunakan kekayaan alam semesta untuk mumuaskan hasrat mau memiliki seturut suka. Kita hendaknya BANGKIT dan kembali bekerja menurut rancangan Tuhan demi keselamatan dan kesejahteraan sejati. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya (Mrk. 6:36)
  • CAHAYA KEBENARAN dari Kisah Abraham yang rela mau mengorbankan Ishak mengajak kita untuk merenung: apakah saya total mengorbankan yang terbaik saya untuk Tuhan yang sangat baik kepada saya; atau saya penuh kalkulasi waktu, tenaga, tempat untuk Dia dan sesama serta sebaliknya saya lebih banyak memberi ruang dan waktu serta tenaga untuk hal-hal yang sifatnya sementara dan duniawi? Tindakan pengorbanan seperti Abraham dan Yesus lakukan memang berat ketika menjalaninya namun mendatangkan kebahagiaan sejati daripada fokus pada hal yang kelihatan membahagiakan tetapi semuanya hanyalah sementara dan jiwa gagal menggapai yang abadi.
  • CAHAYA KEBENARAN dari Kisah penyeberangan laut merah menyadarkan kita akan kesombongan seperti Firaun yang lebih suka mengandalkan bahkan mendewakan kemampuan manusia dan segala pengetahuannya. Kita hendaknya BANGKIT mengandalkan Allah Mahakuasa yang sanggup menghidupkan dan mematikan. Covid-19 telah mengajar kita banyak hal tentang kebenaran sejati ini sekaligus menegaskan petuah Nabi Yesaya dan Nabi lainnya bahwa kalau mau hidup maka harus mengandalkan Tuhan.
  • CAHAYA KEBENARAN dari bacaan Epistola yakni Allah telah menunjukkan kemahakuasaan-Nya dengan membangkitkan Yesus Putra-Nya dari alam maut. Segala daya upaya manusia yang menolak dan mau membinasakan Yesus, Putra Allah ternyata hanyalah upaya sia-sia. Karena rencana dan kuasa Ilahi Tuhan tak bisa ‘disekap atau digiring’ oleh keinginan dan cara berpikir manusia yang kurang memahami rencana agung Allah. Jalan terbaik bagi manusia yang ingin selamat dan bahagia yakni kembali mengikuti Tuhan sebagai Jalan, Kebenaran, Hidup.
  • CAHAYA KEBENARAN dari ajakan Yesus kembali Galielia setelah bangkit dari alam maut karena Galilea merupakan tempat awal mula hidup dan karya misi-Nya serta pengajaran-Nya sebagai Mesias. Maka ajakan Tuhan ke Galilea mengajak kita juga untuk BANGKIT kembali ke GALILEA titik awal hidup dan kiprah kita sebagai pengikut-pengikut-Nya: janji baptis, janji nikah, kaul, janji imamat, sumpah jabatan dll. Mudah-mudahan pembaruan janji baptis malam ini menjadi penyegar komitmen kita untuk kembali ke Galilea kita masing-masing sesuai pilihan hidup dan karya profesi yang Tuhan sedang percayakan kepada kita.

Selamat merenung dan menyegarkan komitmen Kebangkitan bersama Tuhan agar senatiasa mendapatkan rahmat kebangkitan-Nya.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Menolong mereka yang kecanduan: Semoga saudara-saudara kita yang menderita karena kecanduan, dalam bentuk apapun, bisa mendapatkan pertolongan dan pendampingan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Membentuk budaya membaca: Semoga Gereja berkenan mencari sarana-sarana konkret untuk melatih keluarga-keluarga Katolik dalam menghidupi dan meningkatkan budaya literasi baca. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Berkatilah umat di Keuskupan kami: agar para wanita dan anak mengalami dan melaksanakan keadilan dalam keluarga Gereja dan masyarakat. Kami mohon…

Amin

3 thoughts on “Berani Bangkit Bersama Tuhan

  1. Cahaya kebenaran Allah menjadikan terang yg hidup dalam keluarga ku , memberikan kekuatan bagi jiwaku , mengikis kesombonganku , mem bangun harapan baru untuk masa depan yang lebih baik bersama Yesus Tuhan ,, Amin

    Like

  2. Terima kasih atas Renungannya pater…Telah meneguhkan kami dalam merayakan kebangkitan Kristus..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s