Kamu adalah SAKSI!

Renungan Harian Misioner
Kamis, 16 April 2020
P. S. Bernadetha Soubirous
Kis. 3:11-26; Mzm. 8:2a,5,6-7,8-9; Luk. 24:35-48

Bacaan-bacaan suci hari ini mewartakan kepada kita mengenai perutusan menjadi saksi Yesus yang bangkit. Kisah Para Rasul 3:11-26, menceritakan bahwa Petrus dan Yohanes menyembuhkan seorang yang lumpuh. Orang banyak heran dan datang mengerumuni Petrus dan Yohanes di Serambi Salomo (sebuah serambi di Bait Suci). Mereka ingin melihat orang yang telah disembuhkan itu. Petrus menggunakan kesempatan yang indah ini untuk memberitakan Injil Keselamatan. Apa isi khotbah atau pewartaan Petrus? Pertama-tama, Petrus menjelaskan mukjizat penyembuhan orang lumpuh itu terjadi bukan karena kuasa atau kesalehannya sendiri (Kis. 3:12). Kuasa penyembuhan orang lumpuh berasal dari kuasa Yesus dan dalam nama Yesus: “Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!” (Kis. 3:6). Petrus menjelaskan pula siapa Yesus sesungguhnya. Yesus adalah hamba Allah; Dialah Yang Benar dan Kudus; Dialah Pemimpin kepada hidup; dan Dialah Mesias yang dijanjikan Allah melalui para nabi (ay. 18-24). Selanjutnya, Petrus membuktikan bahwa Yesus Kristus telah bangkit dari kematian. Bukti kebangkitan Yesus adalah mukjizat yang terjadi oleh karena nama-Nya (Kis. 3:16). Akhirnya, Petrus menegaskan agar mereka segera bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat mereka: “Sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan…” (Kis. 3:19-20).

Dalam bacaan Injil (Luk. 24:35-48) dikisahkan Yesus yang menampakkan diri kepada semua murid. Dua murid yang dalam perjalanan ke Emaus ditemui oleh Yesus yang bangkit menceritakan kepada saudara-saudara apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenali Yesus pada waktu Ia memecah-mecahkan roti. Sementara mereka bercerita satu sama lain, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!” (Luk. 24:36) Melihat para murid yang terkejut bercampur takut, Yesus berkata, “Mengapa kamu terkejut, dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hatimu?” (Luk. 24:38). Yesus meyakinkan para murid-Nya dan membuktikan bahwa Dia sungguh bangkit. Ia mengizinkan para murid meraba daging dan tulang-Nya sementara Ia memperlihatkan bekas-bekas penyaliban (Luk. 24:39). Yesus mengungkap rasa lapar-Nya dan meminta makanan pada para murid-Nya. Mereka memberi-Nya ikan untuk dimakan. Akhirnya, Yesus membuka pikiran para murid sehingga mereka mengerti akan kehidupan, pelayanan, dan kebangkitan-Nya sebagaimana yang tertulis dalam Kitab Suci tentang diri-Nya: “…Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga. Dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini” (Luk. 24:46-48).

Apa pesan bacaan suci hari ini untuk kita? Pertama, Yesus sungguh bangkit dan hadir di tengah-tengah para murid-Nya. Kebangkitan-nya tak perlu diragukan lagi. Kita tak usah terkejut atau heran. Petrus membuktikan bahwa Yesus Kristus telah bangkit dari kematian. Bukti kebangkitan Yesus adalah mukjizat yang terjadi oleh karena nama-Nya (Kis. 3:16). Yesus sendiri telah membuktikan bahwa Ia bangkit melalui beberapa peristiwa penampakkan kepada para murid-Nya.

Kedua, Yesus yang bangkit adalah Yang Kudus dan Benar. Dia adalah Mesias yang sebagaimana yang dinubuatkan oleh para nabi. Dialah pemimpin kepada hidup. Iman kita akan Yesus tak pernah sia-sia. Yang dituntut dari kita adalah kepercayaan yang total kepada-Nya dalam berbagai situasi kehidupan kita.

Ketiga, menjadi murid Yesus berarti harus menjadi saksi-Nya. Perkataan Yesus, “Kamu adalah saksi dari semuanya ini”, tidak hanya ditujukan kepada para murid dulu, tetapi ditujukan kepada kita para murid-Nya zaman ini. Syarat mutlak untuk menjadi saksi Yesus adalah iman. Iman yang berakar dalam hanya terbentuk apabila kita terus-menerus membangun relasi pribadi dengan Yesus dalam doa dan Ekaristi serta terus belajar mengenal Yesus melalui kebiasaan membaca dan merenungkan Kitab Suci.

Hubungan yang akrab dengan Yesus akan mendatangkan rahmat pertobatan dan pengampunan dosa serta menjadi sumber kekuatan tatkala kita menghadapi berbagai cobaan, tantangan, kesulitan, dan penderitaan dalam menjalankan tugas perutusan kita sebagai saksi-saksi Yesus. Dia yang mengutus kita akan memampukan kita. Marilah kita senantiasa bertekun dalam iman akan Yesus yang bangkit karena Ia telah memilih dan mengutus kita untuk menjadi saksi-Nya: “Kamulah SAKSI dari semuanya ini!”

(RP. Silvester Nusa, CSsR – Dosen STKIP Weetebula, NTT)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Menolong mereka yang kecanduan: Semoga saudara-saudara kita yang menderita karena kecanduan, dalam bentuk apapun, bisa mendapatkan pertolongan dan pendampingan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Membentuk budaya membaca: Semoga Gereja berkenan mencari sarana-sarana konkret untuk melatih keluarga-keluarga Katolik dalam menghidupi dan meningkatkan budaya literasi baca. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Berkatilah umat di Keuskupan kami: agar para wanita dan anak mengalami dan melaksanakan keadilan dalam keluarga Gereja dan masyarakat. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s