Kita Juga Diutus Tuhan

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 18 April 2020
P. S.Eleutherius
Kis. 4:13-21; Mzm. 118:1,14-15,16ab-18,19-21; Mrk. 16:9-15

Sahabat-sahabat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi di akhir pekan masa oktaf Paskah ini. Seiring dengan upaya setiap kita memaknai Paskah Tahun ini, kita diajak mendalami dua pesan inspiratif dari Sabda Tuhan hari ini.

Pertama, kalau saudara/i perhatikan dengan teliti Bait Pengantar Injil (BPI) selama hari-hari Oktaf Paskah ini sama teksnya yakni dari Mazmur 118:24, “Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorai dan bersukacita karenanya.” Pertanyaan reflektif bagi kita: apakah hari-hari pasca Perayaan Kebangkitan Tuhan kita sungguh merupakan hari-hari yang menggembirakan kita karena iman kita kepada Tuhan? Jawabannya tentu saja tergantung bagaimana kita melihat dan memaknai kehadiran dan karya Tuhan dalam pengalaman hidup kita. Para Murid Yesus sendiri melihat kehadiran Yesus setelah bangkit secara berbeda: sebagai hantu dan sebagai Tuhan. Artinya semuanya sangat ditentukan oleh cara melihat dan memaknai realita.

Kedua, Injil hari ini mengajak kita merenungkan perutusan Murid-Murid Yesus. Kisah hidup mereka, khususnya ke-12 Murid, membuktikan bahwa mereka menunaikan tugas perutusan itu dengan setia menyebarkan Kabar Gembira dan Kerajaan Allah ke seluruh dunia hingga ajal mereka bahkan hampir semuanya mati sebagai martir:

  • Yakobus anak Alfeus, menyebarkan Injil di Yerusalem hingga wafatnya karena dibuang dari bubungan tinggi Bait Allah.
  • Yakobus Anak Zebedeus juga setia menyebarkan Injil di Yerusalem hingga menemui ajalnya oleh siksaan tentara Romawi.
  • Petrus tekun setia hingga akhir hayatnya di Roma dengan mati disalib.
  • Matius Penginjil menyebarkan Kerajaan Allah di wilayah Persia dan Etiopia hingga mati ditikam dengan pedang di sana.
  • Bartolomeus dan Thomas menyebarkan Injil di India, Armenia, Etiopia, wilayah Arab hingga wafat sebagai martir di sana.
  • Simon orang Zelot mewartakan Injil Persia dan rela dibunuh karena menolak menyembah Dewa Matahari.
  • Matias yang menggantikan Yudas Iskariot menyebarkan Injil ke Siria dan Yunani bersama Andreas dan keduanya mati dibakar di sana.
  • Yohanes Penginjil mula-mula menyebarkan Injil di Roma dan setelah mengalami mujikzat tetap hidup meskipun digoreng berulang-ulang dalam minyak panas, lalu dia diasingkan ke Pulau Patmos. Dia kemudian berangkat ke wilayah Siria hingga lanjut usia dan wafat di sana.
  • Markus penginjil menyebarkan Injil di Mesir hingga mati secara sadis di Alexandria. Badannya diseret hidup-hidup dengan kuda melalui jalan yang penuh batu hingga wafat.
  • Lukas Penginjil menyebarkan injil di Yunani dan mati digantung setelah berkhotbah tentang Injil kepada orang-orang yang tidak mengenal Tuhan.

Kita pun dipanggil dan diutus Tuhan untuk tugas yang satu dan sama. Pertanyaan reflektif untuk direnungkan: sejauh ini melalui cara apa saya berupaya mewujudnyatakan tugas perutusan Tuhan ini?

Selamat merenung, Tuhan memberkati kita semua.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Menolong mereka yang kecanduan: Semoga saudara-saudara kita yang menderita karena kecanduan, dalam bentuk apapun, bisa mendapatkan pertolongan dan pendampingan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Membentuk budaya membaca: Semoga Gereja berkenan mencari sarana-sarana konkret untuk melatih keluarga-keluarga Katolik dalam menghidupi dan meningkatkan budaya literasi baca. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Berkatilah umat di Keuskupan kami: agar para wanita dan anak mengalami dan melaksanakan keadilan dalam keluarga Gereja dan masyarakat. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s