Surat Paus Fransiskus kepada Dunia Surat Kabar Jalanan

SAPAAN BAPA SUCI PAUS FRANSISKUS

KEPADA DUNIA SURAT KABAR JALANAN

 

D.S.M., 21 April 2020

Kehidupan jutaan orang di bumi kita, yang telah berjuang dengan begitu banyak tantangan sulit dan tertindas oleh pandemi, telah berubah dan diuji. Orang-orang yang paling rapuh, yang tak terlihat, risiko kehilangan tempat tinggal membayar tagihan terberat.

Jadi saya ingin mengucapkan selamat tinggal pada dunia surat kabar jalanan dan terutama kepada penjual mereka yang kebanyakan tunawisma, sangat terpinggirkan, menganggur: ribuan orang di seluruh dunia hidup dan memiliki pekerjaan berkat penjualan surat-surat kabar luar biasa ini.

Di Italia saya sedang memikirkan pengalaman indah Scarp de ‘tenis, proyek Caritas yang memungkinkan lebih dari 130 orang dalam kesulitan memiliki penghasilan dan dengan itu akses ke hak kewarganegaraan yang mendasar. Dan itu belum semuanya. Saya sedang memikirkan pengalaman lebih dari 100 surat kabar jalanan di seluruh dunia, yang diterbitkan di 35 negara yang berbeda dan dalam 25 bahasa yang berbeda dan yang menjamin pekerjaan dan penghasilan bagi lebih dari 20.500 orang tunawisma di dunia. Selama berminggu-minggu surat kabar jalanan belum terjual dan penjualnya tidak bisa bekerja. Saya ingin mengungkapkan kedekatan saya dengan wartawan, sukarelawan, orang-orang yang hidup berkat proyek-proyek ini dan yang saat ini bekerja dengan banyak ide inovatif. Pandemi telah membuat pekerjaan kalian sulit tetapi saya yakin bahwa jaringan surat kabar jalanan yang hebat di dunia akan kembali lebih kuat dari sebelumnya. Melihat orang-orang yang paling miskin, pada hari-hari ini, dapat membantu kita semua untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada diri kita dan kondisi kita yang sebenarnya. Kepada kalian semua pesan saya tentang dorongan dan persahabatan persaudaraan. Terima kasih atas pekerjaan yang kalian lakukan, untuk informasi yang kalian berikan dan untuk kisah-kisah harapan yang kalian ceritakan.

Fransiskus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s