Berikanlah Kami Roh Cinta Kristus

Renungan Harian Misioner
Rabu, 29 April 2020
P. S. Katarina dr Siena
Kis. 8:1b-8; Mzm. 66:1-3a,4-5,6-7a; Yoh. 6:35-40

St. Catharina dari Siena adalah satu dari sedikit Pujangga Gereja Wanita. Dia hidup dalam zaman yang penuh masalah. Gereja di Roma mengalami ancaman besar, sehingga Paus berpindah ke Avignon, Prancis. Pelayanan universal gerejawi dipersulit oleh petugas-petugas yang bekerja kurang baik. Di tengah situasi tersebut, lahirlah Catharina sebagai wanita mistik, yang memusatkan hidupnya pada cinta Yesus Kristus. Dia adalah anak ke-24 dari 25 anak dari orangtuanya, yang kaya raya. Ia menolak pewarisan pelayanan keluarganya, dan memilih hidup bagi Kristus. Ia mengikuti jejak St. Dominikus de Guzman, menjadi suster Dominikanes.

Di tengah kekacauan hidupnya, Kristus menampakkan diri sebagai ‘Pengisi Utama hati Catharina’. Sesudah beberapa tahun menyepi di kamarnya dalam bakti kasih kepada Tuhan Yesus, ia memasuki tahap kedua hidupnya dengan menggabungkan diri lagi dengan keluarga dan Gereja luas, melalui pelayanan bagi orang sakit dan miskin, maupun para narapidana. Di tahun 1374, Catharina diutus Tuhan untuk menjadi tokoh publik, dengan menulis banyak surat kepada Paus, raja-raja dan pelayan-pelayan Gereja, untuk memperbaiki Gereja. Tulisannya “Dialog” merupakan dorongan pada Gereja untuk mengakhir pertengkaran dan menjalin dialog dengan Kristus bersama-sama. Ia mendatangi Paus Gregorius XI untuk kembali ke Roma; yang juga dilakukannya. Dalam masa bakti pengganti Gregorius XI, yaitu Urbanus VI yang tidak baik, Catharina meninggal, pada usia 33 tahun, dengan meninggalkan jejak stigmata dalam dirinya.

Catharina memiliki peran dalam Gereja, sebagai perawan yang kudus, yang menyongsong Kristus dengan pelita bernyala.

1 YOHANES 1:5 – 2:2: menggambarkan umat yang menyambut Kristus sebagai Terang di tengah dunia yang gelap. Sang Cahaya itulah yang membawa kerukunan dan persaudaraan di tengah para sahabat-Nya. Hal itu terjadi, karena kehadiran Sang Terang menyebabkan dosa terhapus dari dunia. Terhapusnya dosa itu menguatkan umat untuk hidup dalam kerukunan dan ketaatan kepada Allah Bapa.

MATIUS 11: 25-30: Membawa seluruh umat dalam doa Yesus kepada Allah Bapa, yang memberkati semua orang serta membuka Kehendak Bapa kepada orang-orang. Keterbukaan orang-orang untuk mengetahui Kehendak Allah itu bukanlah karena keunggulan manusia: maka justru dikaruniakan kepada ‘orang-orang kecil’. Yang dimaksudkan ‘orang kecil’ di situ mencakup semua orang yang ‘lemah dan berbeban berat dalam hidupnya’. Mereka itu dipilih Allah untuk menerima anugerah dekat dengan Allah, yang dalam Yesus menyegarkan umat-Nya. Dengan anugerah itulah manusia dapat melangkah hidup dengan mudah, sebab beban menjadi ringan.

Karunia itu menggambarkan pelayanan St. Catharina, yang mengarungi zaman Gereja yang amat sulit, namun dipanggulnya dengan cinta Kristus, yang menyebabkan segalanya menjadi ‘ringan dan penuh sukacita’.

Marilah kita memohon Roh Cinta Kristus, untuk dapat serupa St. Catharina, menaruh segalanya pada cinta Tuhan Yesus, yang dengan kelembutan hati-Nya, menyebabkan segala beban menjadi ringan; juga kalau keadaan Gereja dan masyarakat sangat berat.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Menolong mereka yang kecanduan: Semoga saudara-saudara kita yang menderita karena kecanduan, dalam bentuk apapun, bisa mendapatkan pertolongan dan pendampingan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Membentuk budaya membaca: Semoga Gereja berkenan mencari sarana-sarana konkret untuk melatih keluarga-keluarga Katolik dalam menghidupi dan meningkatkan budaya literasi baca. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Berkatilah umat di Keuskupan kami: agar para wanita dan anak mengalami dan melaksanakan keadilan dalam keluarga Gereja dan masyarakat. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s