Ketabahan & Kesetiaan Mendatangkan Berkat Berlimpah

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 02 Mei 2020
Hari Biasa Pekan Paskah III
P. S. Atanasius
Kis. 9:31-42; Mzm. 116:12-13,14-15,16-17; Yoh. 6:60-69

Sahabat-sahabat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi di akhir pekan pertama di bulan Mei 2020 melalui Pertemuan Berhikmah ini. Tentu saja ada banyak inspirasi yang bisa kita dapatkan dari Sabda Tuhan hari ini karena ‘kaya pesan’. Kita diajak seturut tema di atas merenungkan satu golden rule dari Injil hari ini yakni pernyataan Petrus di Yohanes 6:68: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal.”

Kata-kata Petrus tersebut merupakan ungkapan hati dan imanya atas pertanyaan menantang Yesus, Gurunya: “Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Petrus yang sudah menyaksikan langsung karya-karya agung yang dilakukan Yesus sebelumnya, meneguhkan dirinya yakin bahwa ajaran Yesus adalah Roti Hidup bagi manusia. Maka sekalipun banyak orang meninggalkan Yesus karena menganggap ajaran Yesus tentang Roti Hidup sulit ‘diterima’ dengan akal, namun Petrus tetap mau bersama Yesus karena Dialah Tuhan, sumber hidup kekal. Sungguh mengagumkan karena ketabahan dan kesetiaan Petrus berbasis iman pada Tuhan tersebut mendatangkan berkat keselamatan dan kebahagiaan di kemudian hari, bukan hanya bagi dirinya tetapi bagi banyak orang juga.

Menariknya, hampir semua hal yang dilakukan Yesus bisa dilakukan oleh Petrus dkk juga: mereka mengajar dengan penuh daya Roh Allah sehingga menggerakkan hati banyak orang untuk percaya kepada Tuhan. Mereka pun melakukan banyak mujikzat penyembuhan, bahkan membangkitkan orang mati. Bacaan pertama hari ini membuktikannya: Eneas di Lida yang sudah delapan tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh ternyata bisa disembuhkan oleh Petrus. Dorkas/Tabita, seorang janda baik hati yang sudah mati di Yope tetapi dibangkitkan oleh Petrus.

Ketabahan dan kesetiaan Petrus menghadapi aneka tantangan iman ternyata kemudian menjadi cahaya dan berkat yang hidup bagi banyak orang. Maka kita pun merenungkan dan bersyukur atas pengalaman tantangan iman yang pernah kita alami sehingga semakin meneguhkan iman kepada Tuhan sebagai sumber kekuatan kita (kenang saat-saat iman diuji seperti Petrus sehingga menjadi matang seperti sekarang).

Terima kasih untuk kesabaran dan kesetiaan Saudara/i dalam menghadapi ujian iman yang pernah dialami sehingga sekarang Sdr/i telah dipakai Tuhan juga seperti Petrus mendatangkan cahaya kebenaran dan berkat bagi Eneas dan Tabita/Dorkas di sekitar lingkup Anda. (Luangkan waktu sejenak mengenang Eneas-Eneas dan Tabita/Dorkas yang sudah ‘sehat dan hidup lagi’ karena karya Tuhan melalui bantuan dan kebaikan hati Anda).

Mari kita niatkan hati untuk tetap tabah dan setia saat mengalami ujian iman. Kita juga bertekad mau terus menjadi alat Tuhan mendatang berkat bagi Eneas dan Dorkas di sekitar kita melalui kebaikan hati kepada mereka. Tuhan pasti memberkati kita.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kesetiaan para diakon: Semoga para diakon, dengan kesetiaannya pada pelayanan Sabda Tuhan dan orang miskin, bisa menjadi simbol Gereja yang inspiratif dan menggugah semangat umat. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Maria Bunda Keteguhan Hati: Semoga di tengah kebingungan dan ketidakpastian, umat Katolik mau meneladan Bunda Maria sebagai Bunda Keteguhan Hati. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Bunda Maria menyertai kami, untuk dipersatukan dengan Sang Putera dalam mengupayakan keadilan bagi seluruh bangsa kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s