Apakah Saya Sudah Mengenal Tuhan?

Renungan Harian Misioner
Sabtu Paskah IV, 9 Mei 2020
P. S. Sirilius dr Sesarea
Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 14:7-14

Sahabat-sabahat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi di jumpa berhikmah di akhir pekan Paskah IV ini. Ulasan Biblis Spiritual ini diawali dengan kisah inspiratif dari sebuah video di tentang bagaimana anak-anak mengenal ibu kandung mereka. Di video itu, beberapa orang anak (3-9 tahun) ditempatkan di suatu ruang dan Ibu kandung mereka berdiri berjejer di lorong ruangan itu. Mata anak-anak itu ditutup dengan kain tebal, dan satu per satu diminta beranjak ke jejeran ibu tersebut untuk mencari ibu kandungnya.

Mengagumkan bahwa mereka semua mampu mengenal Ibu kandung mereka walaupun mata mereka ditutup dengan kain. Mengapa bisa demikian? Jawabannya ada di judul video itu yakni the unique connection. Relasi Ibu-anak sejak awal keberadaan anak-anak itu membuat mereka mampu mengenal siapa ibu mereka sekalipun secara fisik mereka tidak melihat karena mata mereka ditutup kain.

Video inspiratif tersebut menghantar kita merenungkan relasi kita dengan Tuhan yang kita imani dan ikuti sekian lama: Apakah kita sudah mengenal baik Tuhan kita? Kisah Filipus di Injil hari ini menyadarkan kita bahwa lamanya waktu mengikuti Tuhan tidak menjadi jaminan pasti bahwa kita sudah mampu mengenal Tuhan. Hal ini patut direnungkan karena secara lahiriah, Filipus ini yang membawa Natanael (Yoh. 1:47) dan mengantar orang banyak yang mau bertemu Yesus (Yoh. 12:21), namun ternyata Filipus sendiri ternyata ‘belum mengenal’ Yesus secara bathiniah. Maka Yesus menghentak dia: “telah sekian lama Aku bersama kamu, Filipus, namun engkau belum mengenal Aku?”

Terinspirasi situasi Filipus itu mari kita bertanya diri: Apakah saya yang sudah menjadi pengikut Tuhan sekian lamanya sungguh mengenal Tuhan? Pesan video inspiratif di atas meneguhkan kita untuk mengakui bahwa untuk mengenal siapa Tuhan, Sumber Hidup dan penopang hidup kita, perlu ada relasi bathiniah secara personal dengan Dia. Dan biasanya peristiwa/pengalaman konkret yang kita alami menghantar kita semakin mengenal dan mengimani Tuhan dengan sungguh.

Di Kisah Para Rasul kita temukan bahwa Filipus, yang dulunya belum mengenal Tuhan secara baik dan benar, ternyata kemudian menjadi orang yang sangat yakin bahwa Yesus adalah Tuhan. Nama Filipus disebut lima belas kali di Kisah Para Rasul 8 karena dia Rasul Tuhan yang bersaksi penuh Roh Allah, dan mampu melakukan juga banyak mukjizat seperti yang dilakukan Yesus sehingga membuat banyak orang percaya kepada Tuhan.

Mari kita renungkan dan syukuri tapak-tapak pertumbuhan iman kita melalui peristiwa-peristiwa iman yang kita alami sendiri sehingga membuat kita semakin tekun setia mengimani dan mengikuti Tuhan. Kiranya kita pun semakin bertekad menjadi saksi iman seperti Filipus melalui kata dan perbuatan kita. Amin.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kesetiaan para diakon: Semoga para diakon, dengan kesetiaannya pada pelayanan Sabda Tuhan dan orang miskin, bisa menjadi simbol Gereja yang inspiratif dan menggugah semangat umat. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Maria Bunda Keteguhan Hati: Semoga di tengah kebingungan dan ketidakpastian, umat Katolik mau meneladan Bunda Maria sebagai Bunda Keteguhan Hati. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Bunda Maria menyertai kami, untuk dipersatukan dengan Sang Putera dalam mengupayakan keadilan bagi seluruh bangsa kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s