Misa Peringatan 100 tahun kelahiran St. Yohanes Paulus II pada 18 Mei 2020.

Paus Fransiskus akan merayakan misa di makam St. Yohanes Paulus II, Senin, 18 Mei memperingati 100 tahun kelahirannya.  


Hari Senin, 18 Mei akan menjadi peristiwa istimewa, karena pada tanggal tersebut adalah peringatan 100 tahun kelahiran Karol Wojtyla.  Paus Fransiskus akan merayakan dari altar makam Paus Suci, Yohanes Paulus II pendahulunya, yang lahir pada 1920, terpilih sebagai Uskup Roma pada 1978, meninggal di 2005 dan dikanonisasi pada tahun 2014.

Hampir dua bulan Paus Fransiskus telah menemani jutaan orang di seluruh dunia khususnya Italia dalam perayaan misa dari Casa Santa Marta secara live. Pada kesempatan dimulainya kembali misa dengan orang-orang di Italia, Paus Fransiskus sebenarnya telah memutuskan untuk menghentikan siaran langsung misa pagi.

Pada umumnya, setiap pagi perayaan misa di siarkan secara langsung (Live streaming) dari Casa Santa Marta selama lockdown (karangtina). Hal ini merupakan sesuatu yang indah dan luar biasa. Banyak orang, bahkan dari Gereja yang jauh tempatnya dapat mengikuti perayaan misa yang langsung dipersembahkan oleh Paus Fransiksus. Banyal orang merasa didampingi dan didukung oleh Paus Fransikus. Banyak orang belajar pentingnya relasi dengan Tuhan dan mendengarkan Injil dalam kehidupan harian mereka. Sebelumnya mereka begitu jauh, dan tidak pernah mengikuti misa walaupun hari libur.

Keindahan dan kesederhanaan homili Paus Fransiskus memberikan kesempatan kita untuk memasuki Injil halaman demi halaman, seolah-olah kita hadir ketika peristiwa-peristiwa itu terjadi. Selama keadaan darurat yang memaksa kita untuk tetap tinggal di rumah, pentingnya pengajaran dan peneguhan di saat-saat ketidakpastian, penderitaan, kesedihan, dari banyak pertanyaan tentang masa depan.

Homili yang disampaikan oleh Paus Fransiskus dalam misa di Casa Santa Marta mewakili aspek signifikan sebagai Uskup Roma. Banyak yang sudah terbiasa mengikuti mereka melalui ringkasan yang ditawarkan oleh media Vatikan dan volume Perpustakaan Penerbit Vatikan yang setiap tahun mengumpulkannya. Akan tetapi, dalam dua bulan terakhir, ini berbeda, karena siaran langsung menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi, walaupun dari jarak jauh, dalam perayaan misa harian ini, mendengarkan Paus Fransiskus berkhotbah dan mengomentari Kitab Suci dengan tangannya.

Beberapa juta orang mengikuti misa setiap hari. Banyak yang menulis terima kasih. Sekarang, dengan dimulainya kembali perayaan dengan orang-orang di gereja-gereja Italia, fase baru dimulai. Bagi banyak orang, bisa dipastikan, janji harian ini akan terlewatkan. Tetapi, seperti dikatakan Paus Fransiskus, ada kebutuhan bertemu Kembali dalam komunitas dengan Tuhan dalam sakramen-sakramen,  berpartisipasi secara pribadi dalam liturgi. Tanpa melupakan undangan lain dari Paus, yaitu “menghadiri” halaman-halaman Injil setiap hari, seperti yang telah dilakukan mengikuti misa melalui live streaming Vatikan, Casa Santa Marta.

 

ANDREA TORNIELLI – Vatican News
Terj. YH BN-KKI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s