Tuhan Tak Pernah Ingkar Janji!

Renungan Harian Misioner
Senin, 18 Mei 2020
Pekan Paskah VI
Kis. 16:11-15; Mzm. 149:1-2,3-4,5-6a,9b; Yoh. 15:26 – 16:4a

Saudara dan saudariku yang dikasihi Tuhan. Beberapa waktu belakangan ini, pernyataan seorang BILL GATES pendiri Microsoft yang juga adalah salah satu orang terkaya di dunia, menjadi heboh di seluruh dunia. Lima tahun silam pada tahun 2015 ia memberikan ramalan bahwa akan ada virus yang menjadi pandemi dan akan menyusahkan penduduk di seluruh dunia. Pernyataannya inilah yang kemudian menimbulkan banyak spekulasi bahwa virus ini mungkin merupakan buatan perusahaan raksasa di mana Bill Gate merupakan salah satu pemegang saham, dan mereka telah dengan sengaja untuk ‘seolah-olah membiayai’ pembuatan vaksin antivirus agar kemudian dapat dijual demi keuntungan yang berlipat ganda. Bagi saya pribadi, saya tidak tertarik sama sekali dengan spekulasi dan tuduhan tersebut. Namun hal itu membawa saya kepada sebuah pertanyaan, sadarkah kita mengenai ramalan lain yang bertahan dan terus terbukti sepanjang sejarah keselamatan kita sejak Kristus menebus kita di atas Kayu Salib?

Yesus dalam bacaan Injil hari ini, memperingatkan kepada murid-murid-Nya, kepada kita semua bahwa “Kamu jangan kecewa dan menolak Aku karena kamu akan dikucilkan”. Sepanjang sejarah kekristenan, perkataan Yesus ini selalu terbukti hingga saat ini. Di mulai dari para Rasul yakni Petrus yang dikejar-kejar karena mewartakan Injil tentang Yesus Kristus. Paulus, Silas dan Barnabas selalu dikecam dan diancam untuk dibunuh karena bersaksi tentang Yesus Kristus dan Filipus yang harus keluar dari Yerusalem karena terjadi penganiayaan dan mewartakan tentang Yesus Kristus di kota di Samaria. Kemudian terus berlanjut sesudah zaman Gereja Perdana, mereka yang percaya kepada Yesus Kristus dikejar dan dibunuh hingga melahirkan para MARTIR yang darahnya tercurah ke tanah untuk semakin menyuburkan kekristenan hingga ke seluruh dunia. Dan sampai saat ini, apa yang Kristus ingatkan kepada kita tetap berlanjut. Kadang kita sebagai pengikut Kristus secara khusus dalam konteks Indonesia juga mengalami hal yang sama terutama perasaan dikucilkan, dipersempit ruang geraknya untuk sukses, dibatasi akses hak dan kewajibannya, dsbnya. Apa yang akhirnya membuat para rasul dan kita terus bertahan? Itu karena ROH PENGHIBUR yang senantiasa tinggal di dalam diri kita senantiasa.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak saudara-saudari kita secara khusus di wilayah Eropa yakni Italia dan Spanyol yang menghadapi kematian dari para kerabat mereka. Namun doa terus menggema, harapan terus berlanjut dan tindakan amal tiada putus-putusnya. Roh Penghibur yang dijanjikan Yesus Kristus 2000 tahun yang lampau terus menguatkan kita dalam Iman, Kasih dan Pengharapan hingga kita tidak mati karena kehilangan Iman kita di tengah situasi yang serba sulit ini. Bill Gates meramalkan dan secara kebetulan, dan benar terjadi namun tidak dapat memberi solusi yang baik. Sebaliknya Yesus Kristus Tuhan kita, tidak hanya meramalkan melainkan juga menyakinkan akan terjadi sesuatu hal yang berat yang akan dialami oleh setiap pengikut-Nya yang percaya kepada-Nya, disertai dengan solusi dan penangkal ajaib yakni Roh Kudus yang adalah Roh Kebenaran yang menjadi Penghibur kita di kala kita mengalami banyak kesesakan.

Saudara dan saudariku, teruslah percaya kepada-Nya sebab Roh-Nya akan selalu memberikan kita kekuatan dan penghiburan di tengah situasi yang berat ini. Amin.

(RD. Hendrik Palimbo – Dosen STIKPAR Toraja, Keuskupan Agung Makassar)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kesetiaan para diakon: Semoga para diakon, dengan kesetiaannya pada pelayanan Sabda Tuhan dan orang miskin, bisa menjadi simbol Gereja yang inspiratif dan menggugah semangat umat. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Maria Bunda Keteguhan Hati: Semoga di tengah kebingungan dan ketidakpastian, umat Katolik mau meneladan Bunda Maria sebagai Bunda Keteguhan Hati. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Bunda Maria menyertai kami, untuk dipersatukan dengan Sang Putera dalam mengupayakan keadilan bagi seluruh bangsa kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s