Peran Doa dalam Hidup & Karya

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 23 Mei 2020
Hari Biasa Pekan Paskah VI
P. S. Desiderius, S. Eufrosina
Kis. 18:23-28; Mzm. 47:2-3,8-9,10; Yoh. 16:23b-28

Sahabat-sahabat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi melalui Pertemuan Berhikmah di Akhir Pekan Paskah VI. Seiring dengan hari-hari Novena Pentekosta, kita diteguhkan oleh Yesus melalui Injil hari ini untuk semakin mengimani dan menghayati doa sebagai jalan kita bertemu dan berseru kepada Bapa, sumber hidup dan penyokong utama kehidupan kita. “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.” (Yoh. 16:23b).

Saya yakin setiap kita sudah memahami secara baik apa arti doa dan perannya berdasarkan pengalaman doa yang kita jalankan dalam ziarah hidup kita dari waktu ke waktu, dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya. Dan karena itu kata-kata Yesus di Injil hari ini bukanlah suatu janji hiburan bagi kita, tetapi merupakan suatu peneguhan dan kesaksian akan hakikat dan peran yang sudah kita alami dan cicipi manfaatnya dalam peziarahan kita sejauh ini.

Saya mengutip di sini expresi batin beberapa Santo-Santa tentang doa sebagai bahan refleksi untuk merenungkan kehidupan doa kita.
Santa Theresa Avilla: prayer is being on terms of friendship with God who, we know, loves us (doa adalah relasi persahabatan dengan Allah, yang kita ketahui sangat mengasihi kita).
Santo Yohanes Chrisostomus: Prayer is the root, the fountain, the mother of a thousand blessings (doa adalah akar, sumber and ibu dari ribuan berkat dan rahmat Tuhan bagi kita).
Santo Paus Yohanes Paulus II: prayer is in fact the recognition of our limits and our dependence: we are come from God, we are of God, and to God we return (doa pada hakikatnya mengingatkan kita akan keterbatasan kita dan ketergantungan kita kepada Allah: kita berasal dari Allah, kita hidup dari Allah dan kita akan kembali kepada-Nya).
Santo Efraim dari Siria: Virtues are formed by prayer. Prayer preserves temperance. Prayer suppreses anger. Prayer prevents emotions of pride and envy. Prayer draws into the soul of the Holy Spirit, and raises man to heavens (kebajikan-kebajikan hidup terbentuk melalui doa. Doa memelihara kesederhanaan. Doa memadamkan amarah. Doa menaklukkan gengsi dan iri hati. Doa menarik kita kepada jiwa Roh Kudus, dan mengangkat kita menuju Surga).
Mother Theresa: God speaks in the silence of the heart. Listening is the beginning of prayer (Allah berbicara dalam hati yang tenang. Mendengarkan adalah awal dari doa).

Mari kita renungkan dan membatinkan ajakan Yesus serta ungkapan inspiratif para Santo dan Santa di atas agar kiranya terus menginspirasi kita untuk menghayati doa dalam hidup dan karya kita. Tuhan mengasihi dan memberkati kita selalu.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kesetiaan para diakon: Semoga para diakon, dengan kesetiaannya pada pelayanan Sabda Tuhan dan orang miskin, bisa menjadi simbol Gereja yang inspiratif dan menggugah semangat umat. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Maria Bunda Keteguhan Hati: Semoga di tengah kebingungan dan ketidakpastian, umat Katolik mau meneladan Bunda Maria sebagai Bunda Keteguhan Hati. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Bunda Maria menyertai kami, untuk dipersatukan dengan Sang Putera dalam mengupayakan keadilan bagi seluruh bangsa kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s