Pentingnya Menjaga Keseimbangan Aspek-Aspek Hidup

Renungan Harian Misioner
Selasa, 02 Juni 2020
P. S. Marselinus dan Petrus
2Ptr. 3:12-15a,17-18; Mzm. 90:2,3-4,10,14,16; Mrk. 12:13-17

Sahabat-sahabat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi melalui Ulasan Biblis Spiritual di Selasa pertama bulan Juni 2020. Ketika membaca tulisan bernas St. Petrus di bacaan pertama hari ini, saya teringat akan kata-kata yang tertulis di batu Nisan makam Presiden Seokarno: “Di sini dimakamkan Bung Karno, Proklamator kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Lahir 4 Juni 1901, Wafat 21 Juni 1970, Penyambung Lidah Rakyat.”

Kata-kata tersebut sangat singkat tetapi meringkas seluruh hidup dan perjuangan Bung Karno. Beliau telah menggunakan 69 tahun 16 hari masa hidupnya untuk memperjuangkan nasib NKRI. Singkatnya beliau telah menghidupi satu bentuk hidup yang berdayaguna bagi orang lain. Inilah yang menjadi inti pesan St. Petrus di bacaan I hari ini di mana kita diajak untuk menggunakan masa hidup kita sebaik mungkin sehingga bermanfaat bagi banyak orang, sambil mengharapkan kedatangan Tuhan.

Dan satu hal penting yang disampaikan Yesus di Injil hari ini dalam rangka menghidupi suatu hidup yang berdayaguna yakni pentingnya menjaga keseimbangan perhatian pada berbagai komponen yang penting dalam hidup. “Berikanlah kepada Kaisar apa yang menjadi hak Kaisar, dan kepada Allah apa yang menjadi hak Allah.”

Melalui pernyataan ini, Yesus mau mengajar kita pentingnya menaruh perhatian secara harmonis komponen-komponen yang punya peran penting dalam hidup dan karier kita. Mengingat setiap komponen punya fungsi yang signifikan dalam hidup kita, maka kemampuan menjaga keseimbangan porsi waktu dan perhatian aspek-aspek hidup akan membantu kita menciptakan suatu hidup yang seimbang pula di antara aspek-aspek hidup itu.

Kita tidak bisa mengerahkan seluruh fokus perhatian kita hanya pada aspek tertentu, dan mengabaikan aspek atau bidang lain yang juga penting dalam hidup kita. Ibarat konser musik yang apik dan indah terjadi bila ada harmoni antara bunyi alat-alat musik yang dimainkan dalam konser tersebut. Demikian pula harmoni dalam hidup terjadi bila kita mampu menjaga fokus perHATIan secara seimbang antara aspek-aspek hidup. Benar bahwa kadang kita lebih fokus pada aspek tertentu tetapi mesti ada waktu juga untuk memerhatikan aspek lain.

Chatrine Pulsifer mengungkapkannya hal ini secara bijak: “…in all aspects of our lives balance is the key. Doing thing too much can cause upset, like the old saying goes, everything is moderation is the secret” (terhadap semua aspek dalam hidup, faktor menjaga keseimbangan adalah kuncinya. Terlalu berlebihan melakukan salah satu hal – dan mengabaikan yang lain – pada waktunya akan menyebabkan kekecewaan, sebagaimana pepatah kuno mengatakan: menjaga agar segala sesuatu pada porsinya merupakan rahasia di balik terciptanya hidup yang harmonis). Bagaimana hidup saya?
Selamat merenung, Tuhan memberkati.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Menempuh Jalan Hati: Semoga saudara-saudara kita yang sedang menderita bisa menemukan jalan hidup yang mengantar mereka untuk dapat disentuh oleh Hati Kudus Yesus. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para petani: Semoga pemerintah dan pihak-pihak yang berwenang, berkehendak kuat untuk membantu dan berpihak pada kelangsungan dan kesejahteraan hidup para petani. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami menggabungkan diri dengan Hati Yesus yang Mahakudus agar dari lubuk hati yang terdalam atau sungguh-sungguh mengusahakan keadilan bagi seluruh bangsa kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s