Dasar Mana yang Aku Pilih?

Renungan Harian Misioner
Kamis, 25 Juni 2020
P. S. Gulielmus, S. Febronia
2 Raj.24:8-17; Mzm.79:1-2,3-5,8,9; Mat.7:21-29

Dari sekian banyak raja-raja Yehuda yang pernah berkuasa, hanya tujuh orang saja yang selama kekuasaannya telah melakukan kehendak Tuhan yaitu: Asa, Yosafat, Yoas, Amazia, Yotam, Hizkia dan Yosia. Meski demikian, masih banyak rakyatnya yang mempersembahkan dan membakar korban berhala. Raja Yoyakhin, salah satu raja Yehuda yang tidak melakukan kehendak Tuhan, perbuatannya sama seperti ayahnya, Yoyakim.

Tuhan tidak membela raja-raja yang tidak taat pada kehendak-Nya. Maka Tuhan membiarkan raja beserta para penguasa saat itu dibuang ke Babel.

Sebagai raja, pemimpin bangsa, mereka paling bertanggung jawab atas nasib rakyatnya. Mereka bisa menjadi pembawa malapetaka, mendatangkan penderitaan bagi rakyatnya selama di pembuangan. Karena itu pada zaman Yosia, Allah telah mengutus nabi Yeremia untuk selalu memperingatkan bangsa ini, namun mereka tidak mengindahkannya.

Yesus pernah berkata: “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga”. Jangan sampai kita seperti kebanyakan raja-raja Yehuda yang telah melakukan apa yang jahat di mata Tuhan, akhirnya mereka beserta pengikutnya semua mengalami penderitaan.

Dalam Injil hari ini, Yesus mengajarkan kita untuk memiliki dasar yang kokoh, jangan sampai salah memilih dasar. Ada dua macam dasar, orang yang bijaksana akan mendirikan rumahnya di atas batu, sedangkan orang yang bodoh akan mendirikan rumahnya di atas pasir. Jika hujan badai melanda rumah itu, rumah mana yang akan tetap bertahan? Rumah yang didirikan si orang bijaksana atau rumah yang didirikan si orang bodoh?

Dalam kehidupan kita saat ini, kita diingatkan agar hidup kita memiliki dasar yang kuat. Seperti Gereja Katolik yang kuat berdiri sampai hari ini, karena Yesus sendiri yang mendirikan Gereja ini di atas batu karang yang kokoh. “Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” [Mat. 16:18]

Ingat… ingat… hidup kita di dunia ini hanya satu kali. Sekali kita salah memilih… maka tamatlah riwayat kita, berakhir dalam penderitaan seperti yang dialami bangsa Yehuda yang dibuang ke Babel. Jika iman kita tidak kokoh, mudah digoyahkan, bisa-bisa kita kehilangan keselamatan hidup kekal di surga.

(Alice Budiana – Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini, Paroki Kelapa Gading – KAJ)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Menempuh Jalan Hati: Semoga saudara-saudara kita yang sedang menderita bisa menemukan jalan hidup yang mengantar mereka untuk dapat disentuh oleh Hati Kudus Yesus. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para petani: Semoga pemerintah dan pihak-pihak yang berwenang, berkehendak kuat untuk membantu dan berpihak pada kelangsungan dan kesejahteraan hidup para petani. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami menggabungkan diri dengan Hati Yesus yang Mahakudus agar dari lubuk hati yang terdalam atau sungguh-sungguh mengusahakan keadilan bagi seluruh bangsa kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s