Tuhan Ajarilah Aku Percaya!

Renungan Harian Misioner
Jumat, 03 Juli 2020
Pesta S. Tomas, Rasul
Ef. 2:19-22; Mzm. 117:1,2; Yoh. 20:24-29

BACAAN PERTAMA – Efesus 2: 19-22: Menurut Paulus, para murid Kristus tidak lagi dipandang sebagai orang asing, melainkan ‘warga umat kudus dan anggota Keluarga Allah’. Dalam kata-kata itu bergemalah sabda Guru dari Nasaret: “BapaKu dan Bapamu”. Artinya, sebagai sahabat-sahabat Kristus, kita merupakan bagian tak terpisahkan dalam Keluarga Allah. Seluruh Gereja, dalam semangat itu, sebagaimana bangunan, yang disusun atas dasar para nabi-nabi dan rasul serta berpasangkan dengan Kristus, sebagai batu penjurunya: Hidup yang amat kokoh, rapi dan ‘berkembang menjadi bait kudus dalam Tuhan’. Bangunan itu tidaklah berhenti pada para warga Gereja Perdana, melainkan melingkupi kita semua sekarang ini.

Marilah kita hidup selaras dengan keseluruhan bangunan Paguyuban Umat Beriman ini.

MAZMUR ANTAR BACAAN – Markus 16:15 & Mazmur 117: Kita, para murid Kristus, Bersama Santo Tomas, diutus untuk mewartakan Kabar Gembira Yesus Kristus.

BAIT PENGANTAR INJIL – Yohanes 20:29: Kita boleh Bersama St. Tomas, akhirnya menerima iman akan Kebangkitan Kristus, karena Tuhan Yesus sendiri yang telah menegaskannya.

BACAAN INJIL – Yohanes 20:24-29: Kepada kita semua, sebagaimana kepada St. Tomas, iman adalah karunia Tuhan. Pemberian iman itu terlaksana, sesuai dengan kesiapan kita untuk menyambutnya, seperti dialami St. Tomas di tengah para murid lain. Kapan pun iman itu akan dikaruniakan, marilah kita bersama St. Tomas berseru: “Ya Tuhanku dan Allahku”. Kepercayaan kepada Tuhan merupakan sesuatu yang sekaligus merupakan karunia Tuhan, dan penyediaan diri kita, untuk menyambut perwahyuan Diri Tuhan dan dianugerahkan selaras dengan perkenanan-Nya. Bagaimanapun juga, Tuhan senantiasa mau menyambut iman kita.

REFLEKSI: marilah kita memeriksa diri, apakah kita senantiasa bergabung dengan seluruh Gereja semesta, untuk siap menyambut Tuhan, kapanpun Dia akan menyapa kita. Marilah kita memohon Roh Kudus, yang akan menjamah kita, kapan pun dan di mana pun, Ia menghendaki. “Tuhan ajarilah aku percaya”.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keutuhan keluarga: Semoga keluarga-keluarga pada zaman ini tidak merasa sendirian karena senantiasa dapat menemukan cinta, penghargaan dan bimbingan yang mereka perlukan demi terjaganya keutuhan keluarga. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Sumber daya manusia: Semoga dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang dicanangkan pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan Katolik, menemukan sarana-sarana untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman milenial. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mohon berkat bagi para pelayan pendidikan kami untuk membantu terwujudnya pendidikan keadilan dalam setiap tingkatnya. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s