Mengikut Kristus berarti Berpihak Pada Cinta Kasih

Renungan Harian Misioner
Senin Biasa, 13 Juli 2020
P. S. Henrikus, Kamillus dr Lellis, Fransiskus Solanus
Yes. 1:11-17; Mzm. 50:8-9,16bc-17,21,23; Mat. 10:34 – 11:1

“Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.” (Mat. 10:34)

Injil hari ini diawali dengan kalimat yang mungkin membingungkan bagi kita. Bagaimana Yesus yang merupakan Raja Damai membawa pedang? Pedang apa yang dimaksudkan? Dan belum hilang rasa penasaran kita, ayat-ayat berikutnya juga berbicara dengan nada yang sama. Ayat selanjutnya berbicara mengenai pertentangan dan pemisahan antara keluarga dan orang-orang terdekat. Lantas apa yang Tuhan harapkan dari kita melalui Injil ini?

Sebenarnya apa yang disampaikan dalam Injil hari ini sangat dekat dengan kehidupan kita. Ketika kita memilih untuk bersikap jujur, adil, dan dengan tulus ikhlas membantu dan menolong tanpa pamrih, tidak selalu kita mendapatkan hasil yang seimbang. Kita juga mungkin mengalami sendiri bagaiamana dimanfaatkan karena kita murah hati. Dijauhi karena kita menolak untuk terlibat dengan sesuatu yang bertentangan dengan hati nurani. Atau juga maksud baik kita justru disalahartikan dan dipahami secara keliru. Semua itu jelas bukan karena kehendak kita. Namun hal-hal tersebut muncul karena kita memilih untuk melakukan hal yang kita yakini baik dan benar.

Yesus selalu ingin menyadarkan bahwa jalan yang akan kita tempuh bersama-Nya adalah jalan salib yang terjal. Dan perikop yang kita dengar hari ini merupakan bagian dari pesan Yesus kepada para murid sebelum mereka diutus mewartakan Injil.

Menjadi pengikut Kristus adalah anugerah dan pilihan bebas setiap manusia. Namun bagi kita yang dengan rela mengikuti Yesus, berpihak pada Cinta Kasih merupakan hal yang wajar. Tidak jarang kita mencoba dan gagal. Kita merasa putus asa dan merasa kebaikan yang kita lakukan tak membuahkan hasil. Bahkan tidak jarang pula kita merasa sendirian. Namun kita harus percaya bahwa kita berada di jalur yang tepat. Kita menapaki jalan terjal itu bersama Kristus. Sebagaimana Yesus telah berpesan kepada para murid, pesan yang sama pula telah kita terima sebagai pengikut Kristus. Semoga dengan bimbingan Roh Kudus, kita menyadari jalan panggilan yang kita tapaki sehari-hari ini sebagai bagian dari karya keselamatan Allah yang terus berlangsung. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, XS – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keutuhan keluarga: Semoga keluarga-keluarga pada zaman ini tidak merasa sendirian karena senantiasa dapat menemukan cinta, penghargaan dan bimbingan yang mereka perlukan demi terjaganya keutuhan keluarga. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Sumber daya manusia: Semoga dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang dicanangkan pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan Katolik, menemukan sarana-sarana untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman milenial. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mohon berkat bagi para pelayan pendidikan kami untuk membantu terwujudnya pendidikan keadilan dalam setiap tingkatnya. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s