Sapaan Tuhan Bukti Cinta Perhatian-Nya pada Manusia

Renungan Harian Misioner
Selasa, 14 Juli 2020
P. S. Kamillus dr Lellis
Yes. 7:1-9; Mzm. 48:2-3a,3b-4,5-6,7-8; Mat. 11:20-24

Sahabat-sahabat Tuhan ytk! Salam jumpa lagi di Selasa II Juli 2020. Judul di atas mengajak kita merenungkan pesan luhur di balik Sabda Tuhan hari ini khususnya Injil hari ini. Pendalaman tentang topik ini perlu kita lakukan guna menghindarkan kita dari pemahaman keliru beberapa orang yang coba menyoroti teks ini dari ajaran Yesus tentang pengampunan dan belas kasih. Karena menurut mereka, Injil hari ini seakan membuktikan bahwa Yesus tidak konsisten dengan ajaran-Nya tentang cinta kasih dan pengampunan. Satu pernyataan yang sering mereka lontarkan: Kalau Yesus konsisten dengan ajaran-Nya tentang cinta kasih dan pengampunan, mengapa Dia tidak mengampuni dan memaafkan orang-orang Khorazim, Betsaida dan Kapernaum? Benarkah demikian?

Membaca teks ini dalam konteks Allah sebagai penuntun seluruh hidup manusia, kita akan memahami bahwa sesungguhnya teks ini membahasakan hati Allah yang penuh cinta perhatian kepada anak-anak-Nya. Maksud mulia Allah yang menghendaki agar anak-anak-Nya hidup menggerakkan-Nya menuntun anak-anak-Nya sesuai situasi mereka: yang lapar dikenyangkan, yang buta dimelekkan dll.

Yesus sendiri menyampaikan secara terbuka visi misi karya-Nya: “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.” (Luk. 4:18-19).

Dengan demikian jelas bahwa sebagai penuntun hidup manusia, Allah berupaya dengan berbagai macam cara menuntun manusia sesuai konteks hidup yang sedang dijalani dan dialaminya sehingga diarahkan kepada suatu kehidupan yang lebih baik, hidup yang sejahtera dan bahagia. Dan bacaan-bacaan hari ini membuktikan hati Allah yang penuh cinta perhatian kepada anak-anaknya:
 Kepada Ahas yang sedang takut cemas kerana dikepung oleh para musuhnya, Allah tampil melalui Nabi Yesaya menenguhkannya untuk tidak takut cemas karena Allah sendiri menjadi pelindung dan penjamin hidupnya dan rakyat yang dipimpinnya.
 Kepada orang-orang Khorazim, Betsaida dan Kapernaum yang enggan percaya pada Tuhan, mereka dikecam dengan tujuan luhur menghentak mereka sadar dan berbalik kepada Tuhan dari sikap keras hati dan enggan percaya pada Tuhan sekalipun banyak ajaran dan mukjizat sudah dilakukan Tuhan di sana.
 Kepada orang-orang Tirus, Sidon, dan Gomora yang mendengarkan suara Tuhan akan dikasihani Tuhan.

Jadi selalu ada maksud baik dan mulia di balik setiap Sabda yang disampaikan Allah kepada kita. Maka kita juga perlu bertanya dan merenungkan: apa pesan sapaan Tuhan bagiku melalui Sabda-Nya untuk kurenungkan dan kuperhatikan. Selamat merenung Tuhan memberkati.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub Indo – Leste)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keutuhan keluarga: Semoga keluarga-keluarga pada zaman ini tidak merasa sendirian karena senantiasa dapat menemukan cinta, penghargaan dan bimbingan yang mereka perlukan demi terjaganya keutuhan keluarga. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Sumber daya manusia: Semoga dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang dicanangkan pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan Katolik, menemukan sarana-sarana untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman milenial. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mohon berkat bagi para pelayan pendidikan kami untuk membantu terwujudnya pendidikan keadilan dalam setiap tingkatnya. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s