Datanglah Kepada-Ku Kalian Semua

Renungan Harian Misioner
Kamis, 16 Juli 2020
P. S. Maria dr Gunung Karmel
Yes. 26:7-9,12,16-19; Mzm. 102:13-14ab,15,16-18,19-21; Mat. 11:28-30

“Malam gelap terasa sangat panjang. Doa-doa permohonan yang diucapkan hanya menjadi sebuah keluhan tanpa jawaban, tiada tanda-tanda akan dikabulkan. Penantian yang sekian lama akan terbebas dari perbudakan membuat hari-hari kehidupan menjadi penuh beban dan penderitaan”.

Inilah jeritan hati yang terjadi pada bangsa Israel yang berada pada akhir masa pembuangan. Hidup mereka menjadi sangat berat dan tidak ada seorang pun yang dapat menolong mereka. Dalam situasi inilah nabi Yesaya tampil memberi harapan bahwa Tuhan sendiri yang akan bertindak dan membebaskan mereka dari perbudakan.

Pada saat seperti sekarang ini kita dapat saja mengalami keletihan dan berbeban berat karena berbagai alasan: pekerjaan yang begitu banyak, tanggung jawab yang terasa di luar kemampuan atau berbagai alasan lain yang membuat kita seperti sumbu yang berkedip atau buluh yang patah terkulai. Namun, ketika kita melihat sejarah masa lalu orang-orang yang kita anggap sangat dekat dengan Tuhan, ternyata mereka juga mengalami hal yang sama. Musa merasa bebannya terlalu berat karena harus berbicara kepada Raja Firaun dan bahkan membawa orang Israel keluar dari Mesir, sedangkan dia sendiri tidak pandai berbicara: “Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai berbicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah” (Kel. 4:10). Demikian juga halnya dengan Yeremia yang berkata kepada Tuhan: “Ah, Tuhan Allah! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara karena aku ini masih muda” (Yer. 1:6).

Kepada mereka yang berbeban berat seperti seperti yang dialami oleh bangsa Israel dan para nabi mereka, Tuhan Yesus menawarkan sebuah undangan yang sangat indah: “Datanglah kepada-Ku semua orang yang letih lesu dan berbeban berat.” Sudah terbukti dengan pasti bahwa mereka yang datang kepada-Nya dengan penuh iman mendapat kelegaan: “orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan” (Mat. 12:22). Mengapa mereka menjadi lega? Karena di dalam Kristus ada pengampunan, ada penghiburan, ada kasih mesra, dan ada penebusan (bdk. Flp. 2:1).

Jika, keledai yang berbeban berat saja diperhatikan Tuhan… apalagi terhadap kita manusia: “Apabila engkau melihat rebah keledai musuhmu karena berat bebannya, maka janganlah engkau enggan menolongnya… haruslah engkau rela menolong dia dengan membongkar muatannya” (Kel. 23:5). Mari kita semua datang kepada-Nya, karena di dalam-Nya kita akan mendapatkan penghiburan dan kelegaan.

(RP. Anton Rosari, SVD – Imam Keuskupan Bogor)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keutuhan keluarga: Semoga keluarga-keluarga pada zaman ini tidak merasa sendirian karena senantiasa dapat menemukan cinta, penghargaan dan bimbingan yang mereka perlukan demi terjaganya keutuhan keluarga. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Sumber daya manusia: Semoga dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang dicanangkan pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan Katolik, menemukan sarana-sarana untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman milenial. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mohon berkat bagi para pelayan pendidikan kami untuk membantu terwujudnya pendidikan keadilan dalam setiap tingkatnya. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s