Maria Magdalena: Teladan Iman yang Personal

Renungan Harian Misioner
Rabu Biasa, 22 Juli 2020
Pesta St. Maria Magdalena
Kid. 3:1-4a atau 2Kor. 5:14-17; Mzm. 63:2,3-4,5-6,8-9; Yoh. 20:1-2,11-18

Hari ini Gereja merayakan Pesta Santa Maria Magdalena. Selain Maria, Ibu Yesus dan Elisabet, Ibu Yohanes Pembaptis, pribadi Maria Magdalena juga memperlihatkan kepada kita bagaimana menjadi seorang pengikut Kristus sejati. Yesus semasa hidup-Nya di dunia tidak dikelilingi oleh orang-orang sempurna yang seolah tak memiliki dosa. Mereka yang berada dekat dengan Yesus adalah pribadi-pribadi yang sederhana dengan segala latar belakang hidup dan persoalannya masing-masing. Mereka adalah pribadi-pribadi yang sungguh mencerminkan dinamika kehidupan kita saat ini.

Injil Yohanes yang kita dengar hari ini menghadirkan peristiwa ‘Kubur Kosong’. Kisah ini selalu menarik permenungan saya sebab untuk kesekian kalinya memperlihatkan bahwa iman Kristiani selalu bersifat relasional. Pagi itu, Maria Magdalena pergi ke kubur Yesus. Saat itu pagi-pagi benar, dan hari masih gelap. Bagi Maria Magdalena, Yesus adalah pribadi yang tidak terlepaskan dari hidupnya. Hingga di awal hari perhatiannya langsung tertuju pada Sang Guru. Ia bersama para rasul dan murid-murid Yesus yang lain masih berduka. Kubur yang kosong makin membuat kesedihannya menjadi-jadi, hingga ia sendiri tak menyadari Yesus yang bangkit ada di belakangnya. Baru ketika Yesus memanggil namanya, ia menyadari bahwa Yesus sungguh telah bangkit.

Tuhan senantiasa memanggil kita secara personal, dengan nama kita masing-masing. Hal itu menunjukkan bahwa kasih-Nya menyentuh segala sisi kehidupan kita. Kebangkitan Yesus dalam Injil ini juga memperlihatkan bahwa kita adalah anak-anak dari Bapa di Surga. “…tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu” (Yoh. 20:17) Pesan yang ingin Yesus sampaikan melalui Maria Magdalena kepada para murid, juga kepada kita, sungguh merupakan kabar gembira. Berkat Yesus relasi kita dengan Allah dibarui dan menjadi serupa. Jika merenungkan hal ini sungguh tidak ada hal yang lebih membahagiakan lagi. Sukacita itulah yang mendorong Maria Magdalena berseru “Aku telah melihat Tuhan!”

Kiranya Roh Kudus yang Allah curahkan, menuntun hati dan budi kita untuk selalu menyadari relasi kita dengan-Nya. Dan kita semua senantiasa menjadi pewarta Kasih Yesus Kristus yang setia. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, XS – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keutuhan keluarga: Semoga keluarga-keluarga pada zaman ini tidak merasa sendirian karena senantiasa dapat menemukan cinta, penghargaan dan bimbingan yang mereka perlukan demi terjaganya keutuhan keluarga. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Sumber daya manusia: Semoga dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang dicanangkan pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan Katolik, menemukan sarana-sarana untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman milenial. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mohon berkat bagi para pelayan pendidikan kami untuk membantu terwujudnya pendidikan keadilan dalam setiap tingkatnya. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s