Pernikahan Kristiani Lambang Kesetiaan Allah

Renungan Harian Misioner
Jumat, 14 Agustus 2020
P. S. Maksimilanus Maria Kolbe
Yeh. 16:1-15,60,63 atau Yeh. 16:59-63; MT Yes. 12:2-3,4bcd,5-6; Mat. 19:3-12

Saya selalu berusaha untuk bisa hadir dalam misa penerimaan Sakramen Perkawinan dari keluarga dan teman-teman. Bagi saya momen tersebut memiliki makna yang mendalam dan indah. Jauh lebih indah dari suasana pesta resepsi yang biasanya diadakan kemudian. Dibandingkan dengan pesta resepsi umumnya pemberkatan kedua mempelai terkesan jauh lebih sederhana. Namun saya selalu terkesan ketika dalam kesederhanaan tersebut kedua mempelai saling mengucapkan janji nikah. Peristiwa itu bagi saya ingin menunjukkan inti dari perkawinan dalam Gereja Katolik. Sepasang pribadi yang memiliki kelemahan dan kelebihan berjanji untuk setia dan memberikan diri satu sama lain sehingga keduanya menjadi satu. Dan perjanjian mereka tersebut diangkat statusnya menjadi Ilahi sebab melambangkan persatuan Allah dan Gereja-Nya sendiri. Sungguh hal yang luar biasa indah.

Hari ini dalam Injil Yesus dicobai orang-orang Farisi mengenai perceraian. Hal ini jelas merupakan sesuatu yang jelas bertolak belakang dengan kesepakatan untuk menikah. Sebab perceraian menandakan putusnya relasi kedua pihak. Yesus dengan tegas menjawab, “…apa yang dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia” (Mat. 19:6).

Komitmen manusia untuk mencintai bisa berubah seiring waktu. Namun komitmen Allah mencintai manusia tidak pernah berubah. Itulah mengapa mereka yang menerima sakramen perkawinan dipanggil untuk mencintai sebagaimana Allah mencintai. Betapapun mungkin berat dan sulit untuk menjaga janji tersebut dalam keluarga seiring perjalanan waktu, sebagai orang Kristiani kita dipanggil untuk berjuang agar tetap setia. Sebagaimana Allah selalu setia mengasihi dan menerima kita yang seringkali jatuh dalam dosa.

Itulah mengapa momen penerimaan Sakramen Perkawinan menjadi istimewa. Sebab seluruh Gereja yang terwakili dalam diri umat yang hadir akan selalu mendukung dengan doa dan segenap upaya pasangan yang menikah. Mereka ingin menyadarkan bahwa jalan terjal memperjuangkan janji setia kedua mempelai telah menanti di depan. Namun dalam peristiwa itu pula kedua mempelai diingatkan akan niat tulus mereka untuk saling mencintai dengan segala keterbatasan dan Tuhan sendiri hadir senantiasa dalam relasi mereka sebagai suami-isteri. Marilah kita berdoa untuk keluarga-keluarga Kristiani, sehingga mereka diteguhkan dalam mengarungi bahtera kehidupan dan mampu menjadi misonaris kasih Kristus pada sesama. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, XS – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Kesejahteraan dalam dunia maritim: Semoga semua orang yang bekerja dan hidup dari laut, yaitu pelaut, nelayan beserta keluarganya, dan para petugas yang menjaga laut, senantiasa dikaruniai keselamatan dan kesejahteraan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Kerukunan bangsa: Semoga sebagai tindakan nyata dalam menjalin kebersamaan dan kerukunan bangsa, Gereja membuka diri terhadap kebudayaan dan mau menggalakkan aneka ragam kegiatan seni lokal. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami memercayakan usaha kami dalam bernegara supaya terwujudlah keadilan bagi setiap warga negara. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s