Apa Manfaat BKSN untuk Kita?

Renungan Harian Misioner
Selasa, 01 September 2020
P. S. Pedro Armengol, S. Verena

1Kor. 2:10b-16; Mzm. 145:8-9,10-11,12-13ab,13cd-14; Luk. 4:31-37

Sahabat-sahabat Tuhan ytk,
Salam jumpa lagi di awal September ini. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita di awal Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) ini untuk mendalami salah satu alasan mengapa kita mengikuti Yesus, Sang Sabda Allah yang hidup. Kisah Yesus menyembuhkan orang yang kerasukan roh jahat, di Injil hari ini, meneguhkan kita untuk semakin percaya bahwa Yesus yang kita imani dan kita ikuti adalah sungguh-sungguh Putra Allah yang penuh daya Roh Allah dalam kata dan tindakan-Nya.

Terlihat jelas kuasa Yesus di kisah ini di mana Yesus mengusir roh jahat itu HANYA DENGAN BERKATA: DIAM, KELUARLAH DARI PADANYA. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa perkataan Yesus Tuhan itu penuh kuat kuasa. Pemazmur mengungkapkan kekegumannyan pada kekuatan suara Tuhan:

Suara TUHAN penuh kekuatan, suara TUHAN penuh semarak. Suara TUHAN mematahkan pohon aras, bahkan, TUHAN menumbangkan pohon aras Libanon. Suara TUHAN membuat padang gurun gemetar, TUHAN membuat padang gurun Kadesh gemetar (Mzm. 29:4-5,8). Tak heran orang yang menyaksikan kejadian itu kagum dan spontan mengatakan: “Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar” (Luk. 4:36).

Mengapa bisa demikian?
Yesus bisa melakukan hal demikian karena Dia sungguh menyatu dengan Bapa-Nya sehingga Roh Bapa-Nya yang Mahakuasa ada juga di dalam diri-Nya dan memampukan Dia untuk melakukan hal-hal demikian. Yesus sendiri menyatakan hal tersebut di Injil kemarin: “Roh Tuhan ada padaKu, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang” (Luk. 4:18-19).

Rasul Paulus di bacaan pertama harI ini, berdasarkan pengalaman imannya akan karya Roh Allah dalam hidup dan karyanya, menulis:
Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita (1Kor. 2:10,12).

Apa pesannya untuk kita?
Tentu Gereja dalam bimbingan Roh Allah tepat sekali memilih teks-teks Biblis ini di awal BKSN ini guna mengajak kita semakin mendalami Suara kekuatan Tuhan melalui Sabda-Nya khususnya di BKSN ini sehingga bisa menjadi andalan dan pedoman bagi kita dalam mengarungi ziarah hidup ini.

Mari kita renungkan dua kutipan dari seorang negarawan dan seorang Santo tentang peran Kitab Suci:
Ronald Reagen: ‘Within the cover of the Bible are the answers of problem men face’ (di sisi dalam pembungkus Kitab Suci terdapat semua jawaban atas segala persoalan yang manusia hadapi).

Ketika kita berdoa, kita yang berbicara kepada Tuhan, tetapi ketika kita membaca Kitab Suci, Tuhan lah yang berbicara kepada kita. Menyangkal Sabda Allah sama dengan menyangkal Kristus (St. Hironimus).

Selamat memasuki BKSN 2020, selamat membaca dan merenungkan Sabda Allah, Tuhan pasti memberkati. Amin.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Hormat terhadap sumber daya alam: Semoga semua sumber daya bumi ini tidak dikuras dan dirampas dengan serakah, tetapi dibagikan dengan adil, disertai rasa syukur dan penghargaan terhadap alam. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menciptakan udara bersih: Semoga dalam partisipasi untuk menciptakan udara bersih, keluarga-keluarga katolik berinisiatif menjalankan sumbangan yang sederhana dengan menghijaukan lingkungannya masing-masing. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mempersembahkan tekad kami untuk mendaraskan upaya keadilan kami pada Sang Sabda sendiri. Kami mohon…

Amin

2 thoughts on “Apa Manfaat BKSN untuk Kita?

  1. Dgn hadirnya renungan mingguan, Awam terbantu dan termotivasi utk membuka KitabSuci sebagai dasar dalam melaksanakan tugas perutusan…. dan yg kami alami semakin sabar dan tenang dlm menghadapi tantangan hidup….. trimakasih Pater John Masneno, SVD

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s