Iman yang Berbuah Tindakan Kasih

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 12 September 2020
P. Fak. NAMA SP MARIA YANG TERSUCI

1Kor. 10:14-22a; Mzm. 116:12-13,17-18; Luk. 6:43-49

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “Kata-kata itu mengajarkan. Tindakan itu meyakinkan.” Hal itu mengingatkan saya – yang dibesarkan dalam keluarga guru – bahwa dalam bahasa Jawa guru itu digugu lan ditiru; dituruti (perkataanya) dan dicontoh (tindakannya). Seorang guru dengan demikian memiliki tanggung jawab yang besar. Sebab tindakannya harus mencerminkan pula apa yang diajarkannya.

Yesus juga dipanggil ‘Guru’. Namun berbeda dengan kebanyakan guru di zaman itu, apa yang diajarkan Yesus tercermin dalam segala tindakan-Nya. Yesus mengajar bukan hanya dengan kata-kata namun juga melalui perbuatan nyata. Oleh karena itu Ia mengatakan, “Sebab setiap pohon dikenal dari buahnya” (Luk. 6: 44a). Sebuah perumpamaan yang sangat tepat menggambarkan apa yang terjadi dalam hidup kita. Segala tindakan, tutur kata, dan perilaku kita mencerminkan apa yang ada dalam hati kita. Dengan demikian akan menimbulkan pertanyaan jika kita mengaku diri pengikut Kristus, yang mengajarkan belas kasih dan pengampunan, tetapi hal itu tidak pernah nyata dalam hidup kita. Namun jika kita mampu berbelas kasih dan peduli akan sesama, hal itu bukan karena kita hebat namun karena Yesus yang ada dalam hati kita yang memampukannya. Yesus adalah pokok anggur dan kita ranting-rantingnya. Tindakan kasih kita merupakan buah dari Sang Pokok Anggur itu sendiri.

Tindakan sesederhana sapa, salam, dan senyum yang kita bagikan kepada sesama, tanpa kita sadari merupakan buah-buah yang baik. Marilah kita memohon tuntunan Roh Kudus, agar terus menumbuhkan iman kita akan Yesus. Sebab dengan demikian kita menjadi anak-anak Bapa di Surga yang teguh dan kokoh menghadapi badai taufan kehidupan ini. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Hormat terhadap sumber daya alam: Semoga semua sumber daya bumi ini tidak dikuras dan dirampas dengan serakah, tetapi dibagikan dengan adil, disertai rasa syukur dan penghargaan terhadap alam. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menciptakan udara bersih: Semoga dalam partisipasi untuk menciptakan udara bersih, keluarga-keluarga Katolik berinisiatif menjalankan sumbangan yang sederhana dengan menghijaukan lingkungannya masing-masing. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mempersembahkan tekad kami untuk mendaraskan upaya keadilan kami pada Sang Sabda sendiri. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s