Keterlibatan Malaikat Tuhan dalam Kehidupan Kita

Renungan Harian Misioner
Selasa , 29 September 2020
Pesta S. Mikael, S. Gariel & S. Rafael (Malaikat Agung)

Dan. 7:9-10,13-14 atau Why. 12:7-12a; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,4-5; Yoh. 1:47-51

Sahabat-sahabat Tuhan ytk,
Salam jumpa lagi melalui renungan biblis ini di Selasa V bulan September 2020 ini. Sabda Tuhan hari ini disesuaikan dengan Pesta ketiga Malaikat Agung: Mikael, Gabriel dan Rafael yang dirayakan pada hari ini. Intinya kita diajak semakin percaya akan keberadaan dan peran para kudus dan para malaikat Tuhan dalam hidup kita.

Banyak sekali teks biblis di Alkitab yang berbicara tentang para malaikat Allah. Di Perjanjian Lama terdapat sekitar 132 kata malaikat disebut di sana dan 180 kali di Perjanjian Baru. Dengan disebutkan berulang kali di Alkitab menjadi bukti kebenaran iman kita tentang keberadaan dan peran para malaikat Allah dalam hidup perjalanan hidup manusia sejak awal mula. Yesus sendiri, melalui Injil hari ini menyebut secara jelas adanya para malaikat Allah.

Dengan dipestakan secara khusus ketiga Malaikat Agung ini, Gereja mengajak kita menaruh iman dan harapan kita pada pertolongan Tuhan melalui bantuan para malaikat, khususnya ketiga Malaikat Agung ini sesuai peran utama mereka. Malaikat Mikael berperan sebagai malaikat Tuhan yang menolong kita menghadapi serangan iblis dalam berbagai bentuk. Malaikat Rafael sebagai penolong kita dalam menghadapi sakit penyakit. Dan Malaikat Gabriel berperan sebagai pembawa Kabar Tuhan bagi kita.

Inilah alasan mengapa banyak orang Katolik dan lembaga-lembaga Katolik memilih salah satu dari ketiga malaikat Agung tersebut sebagai nama pelindung mereka. Paus Fransiskus dalam berbagai kesempatan mengajak kita untuk semakin percaya pada bantuan para malaikat. Pada tanggal 29 September 2017, misalnya, Paus mengimbau kita: let us entrust ourselves to God through Archangels (mari kita memercayakan diri kita kepada Tuhan melalui para malaikat Agung).

Sejauh mana saya mengakui dan melibatkan para malaikat dalam hidupku?
Kita patut berterima kasih bahwa ada satu kebiasaan dalam Gereja Katolik yakni Doa Angelus yang berbasis pada pengalaman perjumpaan Bunda Maria dan Malaikat Gabriel. Doa yang kita doakan tiga kali setiap hari ini bertujuan mengajak kita di tengah kesibukan harian kita untuk meluangkan waktu sejenak menyadari karya Allah dalam hidup kita. Doa ini sekaligus mengajak kita pewarta Kabar Gembira agar menjadikan hidup dan karya kita sebagai Kabar Gembira dan berkat bagi sesama. Kebiasaan Paus berdoa bersama umat yang hadir di sekitar halaman Santo Petrus di Vatikan pada hari Minggu (Angelus) dan pada hari Rabu (Audiensi) menjadi peneguh tersendiri bagi para peziarah. Karena biasanya pada kesempatan tersebut, Paus juga menyampaikan sapaan dan pesannya kepada umat yang hadir saat itu.

Sejauh mana doa Angelus mendapat tempat di aktivitas harianku?
Selamat merenung. Dan selamat berpesta juga bagi saudara/i atau lembaga yang berpelindungkan salah satu dari ketiga Malaikat Agung. Tuhan memberkati.

(RP. John Masneno, SVD – Sekretaris Eksekutif Pusat Spiritualitas Sumur Yakub)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Hormat terhadap sumber daya alam: Semoga semua sumber daya bumi ini tidak dikuras dan dirampas dengan serakah, tetapi dibagikan dengan adil, disertai rasa syukur dan penghargaan terhadap alam. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menciptakan udara bersih: Semoga dalam partisipasi untuk menciptakan udara bersih, keluarga-keluarga Katolik berinisiatif menjalankan sumbangan yang sederhana dengan menghijaukan lingkungannya masing-masing. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami mempersembahkan tekad kami untuk mendaraskan upaya keadilan kami pada Sang Sabda sendiri. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s