Setia seperti Bunda Maria

Renungan Harian Misioner
Sabtu Adven II, 12 Desember 2020
SP. Maria Guadalupe

Sir. 48:1-4,9-11; Mzm. 80:2ac,3b,15-16,18-19; Mat. 17:10-13

Di penghujung pekan Adven yang kedua ini, Gereja mengajak kita merenungkan kisah Maria yang menerima kabar dari Malaikat Gabriel. Kita sering mengatakan Maria menerima “kabar gembira.” Jika kita menerima kabar bahwa kita memenangkan grand prize berupa rumah, mobil atau mungkin tiket tamasya ke luar negeri, hal itu pasti sangat menggembirakan. Namun jika kita kembali merenungkan peristiwa dalam Injil hari ini dalam konteks zaman Maria saat itu, saya menyangsikan apakah Maria benar-benar merasa ia mendapat kabar yang menggembirakan.

Bisa kita bayangkan: ada seorang gadis sederhana, belum menikah, berusia sangat dini, dan berasal dari keluarga rakyat jelata (bukan anak raja atau pejabat penting), tiba-tiba mendapat kabar bahwa dirinya akan mengandung. Kabar itu datang dari malaikat – mahkluk yang keberadaannya pun masih diragukan. Sangat wajar jika Maria menjadi takut dan bingung. “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” Bayangan akan dikucilkan dari masyarakat atau bahkan hukuman mati di rajam tentu terbesit di benaknya. Namun entah karena imannya, entah karena kepolosannya, Maria menerima juga kabar tersebut. Tanpanya, sejarah keselamatan akan memiliki cerita yang jauh berbeda.

Rencana keselamatan Allah selalu mensyaratkan keterlibatan manusia. Kesanggupan Maria untuk akhirnya mengatakan, “Aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” – bukan hal yang sederhana. Ia mempertaruhkan nyawanya dan hidupnya. (Ingat bahkan Yosef hendak meninggalkan dia). Iman selalu pertama-tama merupakan hal yang sangat personal. Jawaban kita akan panggilan Tuhan pun hanya kita sendiri yang “menanggung”-nya. Namun bisa kita lihat, begitu kita berani menanggapi untuk turut serta dalam karya Allah, hal-hal besar akan terjadi.

Memang tidak mudah untuk setia ketika situasi yang kita hadapi di luar harapan kita. Ketika Malaikat Gabriel mengatakan bahwa Putranya kelak akan menerima tahkta Daud, pasti Maria tidak membayangkan kayu saliblah yang muncul. Namun karya keselamatan Allah tidak pernah meleset. Cinta Kasih-Nya tidak pernah gagal.

Maka marilah kita memohon penerangan Roh Kudus, sehingga dalam masa Adven yang juga dipenuhi ketidakpastian, ketakutan, dan kecemasan ini, kita tetap setia mengasihi sesama.

Bunda Maria, Bunda penolong, dampingilah kami semua. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Hidup doa: Semoga hubungan pribadi kita dengan Yesus Kristus diperkaya oleh Sada Allah dan hidup doa. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Berhati-hati terhadap konsumerisme: Semoga keluarga-keluarga Katolik diberanikan dalam membatasi konsumsinya hanya pada barang-barang yang memang diperlukan, sehingga rela membagikan sebagian miliknya pada mereka yang lebih membutuhkan. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami menggabungkan diri dengan Keluarga Kudus Nasaret untuk menggapai keadilan dengan Sang Sahabat, ialah Yesus Kristus, Tuhan kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s