Pesan Paus Fransiskus kepada Komunitas Taizé

Pesan Bapa Suci Paus Fransiskus

kepada peserta pertemuan Eropa ke-43

yang diselenggarakan oleh komunitas Taizé

oleh Sekretaris Negara Vatikan


Anak muda yang terkasih,

Selama lebih dari empat puluh tahun, komunitas Taizé telah mempersiapkan pertemuan Eropa setiap tahun di kota besar di benua itu dan beberapa generasi pemuda telah berpartisipasi di dalamnya. Paus Fransiskus berbahagia, karena kembali pada tahun ini, dapat bergabung bersama Anda sekalian dalam ujud perhatian dan doa. Situasi kesehatan tidak memungkinkan pertemuan seperti itu kali ini, namun Anda telah menunjukkan kreativitas dan imajinasi: meskipun tersebar dimana-mana, Anda terhubung dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya berkat alat komunikasi baru. Dan pada saat yang sama Anda memperluas pertemuan ini kepada kaum muda dari semua benua. Semoga hari-hari ini ketika Anda berdoa bersama dan saling mendukung dalam iman dan kepercayaan, membantu Anda semua “untuk berharap di saat yang baik dan di saat yang buruk”, seperti yang digarisbawahi oleh tema pesan yang akan menemani Anda sepanjang perjalanan tahun 2021.

Fakta “bertemu” dengan diri Anda sendiri, bahkan jika Anda melakukannya secara virtual, sudah menempatkan Anda di jalan menuju harapan. Seperti yang ditegaskan Bapa Suci dalam ensiklik Fratelli tutti, “tidak ada yang bisa menghadapi hidup dalam isolasi. Kita membutuhkan komunitas yang mendukung kita, membantu kita, dan di mana kita saling membantu untuk melihat ke depan” (bag. 8). Jangan menjadi salah satu dari mereka yang menabur keputusasaan dan menimbulkan ketidakpercayaan yang terus menerus, ini akan menetralkan kekuatan harapan yang ditawarkan kepada kita oleh Roh Kristus yang bangkit. Sebaliknya, biarlah diri Anda dihuni oleh pengharapan ini, itu akan memberi Anda keberanian untuk mengikuti Kristus dan untuk bekerja sama dengan dan bagi yang paling kekurangan, khususnya mereka yang merasa sulit menghadapi kesulitan saat ini. “Harapan itu berani, ia tahu bagaimana melihat melampaui kenyamanan pribadi, perasaan terjamin dan segala kompensasi yang mempersempit cakrawala, untuk membuka cita-cita besar yang membuat hidup lebih indah dan lebih berharga. Mari kita berjalan dengan harapan! »(Fratelli tutti, bag. 55). Semoga Anda, sepanjang tahun ini, terus mengembangkan budaya perjumpaan dan persaudaraan dan berjalan bersama menuju cakrawala pengharapan yang ditunjukkan oleh kebangkitan Kristus.

Bapa Suci memberkati Anda semua, orang-orang muda yang terkasih, beliau juga memberkati saudara-saudara komunitas Taizé, serta keluarga Anda dan semua orang di seluruh dunia yang berpartisipasi dengan Anda dalam pertemuan internasional ini.

+ Kardinal Pietro Parolin

Sekretaris Negara Vatikan untuk Bapa Suci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s