Lindungi Mereka yang Rentan dan Kecil

Renungan Harian Misioner
Senin, 28 Desember 2020
Pesta Kanak-Kanak Suci

1Yoh. 1:5 – 2:2; Mzm. 124:2-3,4-5,7b-8; Mat. 2:13-18

Hari Gereja merayakan Pesta Kanak-Kanak Suci. Bacaan Injil diambil dari kisah Raja Herodes yang menyuruh agar semua anak laki-laki di Betlehem dan sekitarnya dibunuh. Anak-anak tak berdosa menjadi korban kekejaman Herodes yang takut kekuasaannya direbut orang lain. Di zaman ini pun masih ada penguasa-penguasa yang mengorbankan orang-orang kecil untuk melanggengkan kekuasaannya. Ini sangat berbeda dengan identitas Yesus – “Raja Semesta Alam” yang kelahiran-Nya kita rayakan hari-hari ini. Sebagai “Raja” ia memilih lahir di kandang hewan. Ia yang adalah Putera Allah merendahkan diri-Nya dengan menjadi manusia lemah dan miskin supaya Ia bisa menyelamatkan mereka yang lemah dan miskin. Sebagai “Raja”, Yesus tidak mencari keuntungan diri-Nya sendiri melainkan rela mengorbankan diri-Nya sendiri sampai wafat di kayu salib (Bdk. Fil. 2: 6-8).

Dari bacaan Injil kita juga bisa belajar dari pribadi Yusuf – orang tua Yesus. Bayi Yesus selamat dari pembunuhan yang diperintahkan oleh Herodes karena Yusuf membawa dia ke Mesir bersama Maria, Ibunya. Diceritakan dalam Kitab Suci, begitu Yusuf mendapatkan mimpi untuk membawa bayi Yesus dan Maria ke Mesir, malam itu juga Yusuf melaksanakan perintah Allah yang disampaikan dalam mimpi itu. Yusuf tidak menunda keberangkatannya sampai esok harinya tetapi malam itu juga ia membawa Yesus dan Ibunya berangkat ke Mesir!

Pesan misioner apa yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari? Pertama, pada zaman modern ini banyak orang bertindak seperti yang dilakukan oleh Herodes dengan perintah untuk menggugurkan janin-janin yang tidak dikehendaki tumbuh dan lahir ke dunia. Ada berbagai macam alasan subyektif untuk membenarkan alasan itu. Namun Gereja secara tegas menolak pengguguran yang dengan sengaja dimaksudkan untuk membunuh janin! Kita semua di tempat kita masing-masing, sesuai dengan kemungkinan yang ada, mesti mencegah terjadinya pengguguran janin (aborsi). Kedua, seturut teladan St. Yusuf, kita didorong untuk melindungi anak-anak yang dipercayakan Tuhan kepada kita, membuat mereka tumbuh berkembang baik secara fisik maupun rohani. Bukan hanya anak-anak kandung tapi juga anak-anak lain yang lemah, miskin dan menderita! Mereka semua ini juga menjadi tanggung jawab kita. Dengan menolong mereka, kita bekerja sama dengan Yesus – Putera Allah yang misi-Nya datang ke dunia pertama-tama untuk menyelamatkan mereka yang miskin dan menderita.

(RP. Yakobus Sriyatmoko, SX – Magister Novis Serikat di Wisma Xaverian Bintaro, Jakarta)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Hidup doa: Semoga hubungan pribadi kita dengan Yesus Kristus diperkaya oleh Sada Allah dan hidup doa. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Berhati-hati terhadap konsumerisme: Semoga keluarga-keluarga Katolik diberanikan dalam membatasi konsumsinya hanya pada barang-barang yang memang diperlukan, sehingga rela membagikan sebagian miliknya pada mereka yang lebih membutuhkan. Kami mohon…

Ujud Khusus:

Kami menggabungkan diri dengan Keluarga Kudus Nasaret untuk menggapai keadilan dengan Sang Sahabat, ialah Yesus Kristus, Tuhan kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s