Beriman pada Allah Yang Benar

Renungan Harian Misioner
Hari Sabtu setelah Epifani, 9 Januari 2021
P. S. Andreas Korsini

1Yoh. 5:14-21; Mzm. 149:1-2,3-4,5,6a,9b; Yoh. 3:22-30

Hari Minggu lalu, kita merayakan Epifani – Allah yang menampakkan diri-Nya bagi seluruh bangsa. Hari ini melalui bacaan Kitab Suci kita diajak untuk merenungkan pribadi Yesus, Allah Putra yang lahir menjadi manusia dan hidup di tengah-tengah kita.

Kita merayakan Natal – merenungkan kelahiran Allah Putra dan tinggal bersama sebagai keluarga Yosef dan Maria. Kita juga merayakan Epifani – Allah yang menunjukkan diri-Nya bagi seluruh manusia, bukan hanya kepada golongan atau kaum tertentu saja. Dan hari ini kita diajak untuk merenungkan, Allah yang menjelma menjadi manusia itu dalam pribadi Yesus. Bahwa Yesus-lah Allah yang benar. “Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.” (1Yoh. 5:20)

Ada banyak kebenaran yang ditawarkan dalam dunia kita. Namun kebenaran iman bisa kita telusuri jejaknya dalam pribadi Yesus. Allah yang benar seperti apa yang kita imani? Allah yang selalu mengasihi kita tanpa syarat. Yesus adalah jalan, kebenaran dan hidup. Kita yang memberi diri dipermandikan dan percaya pada Yesus, sejatinya pantas bersukacita karena kita telah dianugerahi rahmat untuk menjadi Anak-Anak Allah. Dan bagi kita Allah adalah Kasih. Dan Cinta Kasih senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan.

“Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.” Maka ketika kita sanggup mengasihi sesama kita, mengampuni mereka yang bersalah kepada kita, berdoa bagi mereka yang mengutuk kita – walaupun hal itu sangat amat berat untuk dilakukan – kita telah berada di Jalan Kebenaran. Kendati banyak sekali tantangan untuk melakukan itu semua, kita tidak perlu ragu apakah kita berada di jalan yang tepat atau tidak. Kita bisa melihat kisah Yesus sendiri. Bagaimana Ia lahir dan bagaimana hidup-Nya berakhir. Itu semua demi menunjukkan kepada kita Allah yang sesungguhnya. Allah yang mencintai tanpa akhir. Dan cinta-Nya yang tak terkalahkan, bahkan oleh maut sekalipun.

Maka marilah kita membuka diri pada tuntuan Roh Kudus, sehingga kita senantiasa berada di jalan yang benar. Kendati berliku dan terjal, kita percaya kita berjalan bersama Kristus. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Misionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Persaudaraan antarsesama manusia: Semoga Tuhan menganugerahi kita rasa persaudaraan yang kuat agar kita bisa hidup berdampingan bersama saudara-saudara kita yang berlainan agama dengan saling terbuka dan mendoakan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Solidaritas masyarakat: Semoga, kita sebagai bangsa, dapat melanjutkan dan makin mengembangkan solidaritas, terlebih bagi mereka yang miskin dan menderita oleh karena wabah Covid-19. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Perkenankanlah kami mempercayakan seluruh tahun ini dalam cinta-Mu, sebagaimana nampak dalam persembahan diri Santo Yoseph, yang menyertai Bunda Maria dalam memelihara Sang Putera, dalam pelbagai duka derita maupun sukacita di Nasaret. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s