Berbelas Kasih Seperti Kristus

Renungan Harian Misioner
Sabtu, 13 Februari 2021
P. S. Yulianus dr Antiokhia

Kej. 3:9-24; Mzm. 90:2,3-4,5-6,12-13; Mrk. 8:1-10

Hari ini kita mendengar kisah Yesus memberi makan empat ribu orang yang berkerumun mengikuti Dia. Sebagian dari kita tentu tidak asing dengan kisah ini. Bukankah kisah tersebut merupakan mukjizat yang luar biasa – bahwa dengan sejumlah kecil roti dan ikan, Yesus mampu mengenyangkan ribuan orang. Bahkan di akhir perikop kita mendengar juga bahwa masih banyak sisa makanan tersebut. Namun bukan hal itu yang pertama-tama membuat saya terkesan dengan kisah ini.

Hal yang menyentuh perhatian saya dan perlu kita perhatikan bersama ialah, bagaimana Yesus mampu bersikap atas situasi yang sedang terjadi di dekat-Nya. Melihat situasi tersebut Yesus berkata, “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini” (Mrk. 8:2). Belas kasihan-lah yang menyebabkan Yesus bertindak dan melakukan sesuatu untuk orang banyak itu. Memang awalnya seperti ada saja halangan, ketika kita hendak berbuat baik. Demikian pula yang dialami Yesus dan para murid. Mereka bertanya-tanya, di manakah mereka bisa mendapatkan roti untuk orang banyak itu. Mereka hanya memiliki 7 potong roti. Namun Yesus mengambil apa yang ada itu dan mengucap syukur serta membagikannya.

Mengucap syukur atas apa yang kita miliki kendati hal itu seolah tidak berarti atau tidak banyak membantu, itulah yang diteladankan Yesus kepada kita. Menyerahkan apa yang kita miliki ke hadirat Tuhan dan memohon agar dengan hal yang sederhana, kita bisa melakukan sesuatu yang baik untuk sesama. Itulah mukjizat yang sebenarnya.

Namun berapa kali kita hanya berhenti pada perasaan belas kasihan? Atau tidak jarang pula kita mengurungkan niat baik kita untuk orang lain karena kita merasa tidak mampu, tidak memiliki apa-apa, tidak kompeten, dan segala macam alasan lainnya. Yesus dalam Injil hari ini mengingatkan kita kembali untuk tidak lupa menghadirkan Allah dalam setiap persoalan yang kita hadapi. Betapapun kita merasa tidak bisa melakukan banyak hal, namun jika kita menyadari apa yang bisa kita lakukan dan memohon penyertaan Tuhan, kita telah melibatkan diri untuk mewujudkan mukjizat Allah pada sesama.

Maka marilah kita memohon karunia Roh Kudus, agar setiap hari kita dimampukan untuk bersyukur atas segala yang kita miliki. Dan dengan segala keterbatasan dan kekurangan kita tetap mampu berbelas kasih kepada sesama sebagaimana diteladankan oleh Yesus sendiri. Karena dengan demikian kita telah menjadi anak-anak Bapa di Surga. Tuhan memberkati.

(Br. Kornelius Glossanto, SX – Missionaris Xaverian)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Perempuan korban kekerasan: Kita berdoa bagi kaum perempuan korban kekerasan, agar mendapat perlindungan dan penderitaan mereka benar-benar dirasakan dan diperhatikan oleh masyarakat. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Kasih sayang keluarga: Semoga keluarga-keluarga Katolik makin berani belajar menghayati spiritualitas tinggal di rumah yang menuntut anggota-anggota keluarga untuk saling memahami kelemahan dan saling menguatkan dalam menghadapi setiap masalah. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah meneguhkan hati kami dalam berbakti pada sesama, seperti Santo Yoseph, sepanjang Kau perkenankan ikut membesarkan Sang Putera, dalam Keluarga Kudus Nasaret. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s