Jangan Menunggu Tanda dari Surga untuk Percaya!

Renungan Harian Misioner
Senin, 15 Februari 2021
P. S. Kaludius de la Colombiere

Kej. 4:1-15,25; Mzm. 50:1,8,16bc-17,20-21; Mrk. 8:11-13

Dalam perikop Injil hari ini (Mrk 8:11-13) diceritakan bahwa orang-orang Farisi meminta kepada Yesus suatu tanda dari surga. Mendengar permintaan ini Yesus mengeluh dalam hati dan akhirnya memberi jawaban tegas, “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sungguh kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.” Jawaban ini berbeda dengan yang dilaporkan oleh Matius 12: 38-42. Di sana Yesus memberikan suatu jawaban yang jelas dan menyakinkan, mereka akan diberikan “tanda Yunus” yang melambangkan Yesus selama tiga hari di dalam perut bumi (makam) sebelum kebangkitan-Nya.

Pesan apa yang hendak disampaikan Penginjil Markus kepada para pembaca Injilnya? Menurut beberapa ahli tafsir, Markus ingin menyampaikan pesan bahwa Yesus adalah manusia biasa seperti kita. Ketika dicobai oleh orang-orang Farisi Ia juga merasa jengkel (ayat 12 – mengeluh dalam hati-Nya). Yesus juga bisa mengalami frustasi berhadapan dengan orang-orang yang degil hatinya dan tidak percaya kepada-Nya. Namun Yesus tidak menyerah di depan kesulitan itu, Yesus meneruskan karya-Nya di tempat lain, “Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang” (ayat 13).

Dalam melaksanakan tugas pewartaan Injil, tak jarang kita berjumpa dengan orang-orang yang mirip dengan orang-orang Farisi dalam bacaan Injil yang kita renungkan hari ini. Mereka meragukan isi pewartaan kita, mereka mengatakan baru akan percaya kepada pewartaan Injil yang kita sampaikan kalau kita bisa memberikan “tanda dari surga”. Kita tidak perlu terjebak oleh tuntutan orang-orang yang degil hatinya semacam itu; lebih baik kita pergi ke tempat lain untuk meneruskan pewartaan Injil kepada orang-orang yang belum mengenal-Nya. Di tempat-tempat lain kita akan berjumpa dengan orang yang mau percaya meskipun tidak melihat tanda.

Para murid Yesus adalah orang-orang yang tidak melihat tanda-tanda istimewa dari surga tapi mereka percaya kepada isi pewartaan Yesus. Apa dasarnya? Jawabnya: iman! “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” (Ibrani 11:1). Kepada orang-orang yang termasuk dalam kelompok terakhir ini, Yesus berkata, “Berbahagialah orang yang tidak melihat namun percaya” (Yoh. 20:29). Termasuk dalam kelompok manakah aku ini: orang beriman atau orang yang selalu mencari-cari tanda dari surga?

(RP. Yakobus Sriyatmoko, SX – Magister Novis Serikat Xaverian di Wisma Xaverian Bintaro, Tangerang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Perempuan korban kekerasan: Kita berdoa bagi kaum perempuan korban kekerasan, agar mendapat perlindungan dan penderitaan mereka benar-benar dirasakan dan diperhatikan oleh masyarakat. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Kasih sayang keluarga: Semoga keluarga-keluarga Katolik makin berani belajar menghayati spiritualitas tinggal di rumah yang menuntut anggota-anggota keluarga untuk saling memahami kelemahan dan saling menguatkan dalam menghadapi setiap masalah. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah meneguhkan hati kami dalam berbakti pada sesama, seperti Santo Yoseph, sepanjang Kau perkenankan ikut membesarkan Sang Putera, dalam Keluarga Kudus Nasaret. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s