Firman Tuhan & Ziarah Menuju Kepada Hidup

Renungan Harian Misioner
Rabu Prapaskah III, 10 Maret 2021
P. S. Yohanes

Ul. 4:1,5-9; Mzm. 147:12-13,15-16,19-20; Mat. 5:17-19

Renungan Harian Misioner dari Yung-Fo, Pangkalpinang

Para sahabat misioner yang terkasih: Shalom!
Jumpa lagi dalam Renungan Harian Misioner KKI dengan tema FIRMAN TUHAN & ZIARAH MENUJU KEPADA HIDUP. Tawaran ini disampaikan kepada umat manusia dengan Yerusalem sebagai sentralnya, dan tawaran ini disampaikan kepada orang-orang dari segala bangsa dan segala zaman. Undangan Tuhan kepada hidup ini, disuarakan baik dari atas bukit, maupun dari padang gurun. Melalui Firman-Nya, Tuhan menawarkan hidup kepada manusia sepanjang zaman, dari Zaman Musa dan berlangsung terus hingga Zaman Yesus dan lanjut kepada Zaman Gereja, untuk kita yang hidup sekarang ini.

Zaman Musa – Ziarah menuju Tanah Terjanji
Firman Tuhan, yang olehnya Allah menawarkan hidup kepada umat manusia, pada Zaman Musa, arahnya adalah kepada Umat Allah dan Perjalanan. Tawaran itu disampaikan di padang gurun, di seberang sungai Yordan, sebelum Umat Allah memasuki Tanah Terjanji. Musa mengingatkan Umat Israel untuk mengingat dan melakukan semua perintah dan peraturan Tuhan, sebagai syarat untuk (a) masuk ke Tanah Terjanji, dan ( b) syarat untuk memperoleh kehidupan. Ketaatan manusia untuk hidup sesuai dengan Firman Tuhan itulah yang akan memberi mereka hidup, di tanah yang dijanjikan Tuhan kepada mereka. Arah perjalanan Umat Allah ini, memang nampaknya bersifat “lahiriah” dengan Tanah Terjanji sebagai Tujuannya. Namun untuk dapat sampai kepada kehidupan dan kepada Tanah Perjanjian itu, relasi dengan Allah harus jelas, yakni bahwa perintah dan peraturan Tuhan harus menjadi bagian tetap dari kehidupan umat-Nya. Perintah dan peraturan Tuhan ini bukan hanya harus menjadi bagian tetap dari kehidupan orang-perorangan, tetapi menjadi bagian tetap dari keluarga dan seluruh bangsa. Karena itu, perintah dan peraturan Tuhan ini juga, harus diwariskan dari generasi yang satu kepada generasi yang berikutnya. Melalui Firman-Nya, Allah menawarkan kehidupan kepada seluruh umat manusia dan kaum keturunannya!

Zaman Yesus – Ziarah menuju Kerajaan Surga
Tawaran kepada kehidupan yang disampaikan melalui Firman Allah, tetap dan terus-menerus disampaikan kepada umat-Nya, sekalipun mereka sudah mendapatkan Negeri yang dijanjikan kepada mereka. Yerusalem telah menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat kerohanian umat Allah. Menjaga dan merawat relasi dengan Allah, inilah langkah baru bagi Umat Allah. Tanah Terjanji sudah diperoleh, dan perlahan-lahan, Ziarah Umat Allah mulai bergeser ke arah yang rohani, yakni Ziarah menuju Tanah Air Surgawi, yang diperkenalkan Yesus dengan nama khusus, yakni “Kerajaan Surga”.

Sebagaimana Ziarah Umat Allah di Zaman Musa menuju Tanah Terjanji, demikian Ziarah Umat Allah di Zaman Yesus dan di Zaman Gereja dgn Kerajaan Surga sebagai Tujuannya, syarat yang sama tetap berlaku, yakni bahwa Umat Allah harus tetap hidup sesuai dengan perintah dan peraturan Tuhan.

Ada yang lebih khusus untuk Ziarah Umat Allah di Zaman Yesus dan Zaman Gereja ini, ialah bahwa perintah dan peraturan Tuhan, yang kita kenal juga sebagai Firman Tuhan itu sendiri sudah dihadirkan kepada umat msnusia dalam dua rupa, yakni pertama dalam bentuk tertulis yang dibukukan menjadi Hukum Taurat, dan kedua dalam wujud personal, yakni dalam diri Yesus, sebagai Firman yang menjadi manusia. Untuk Ziarah menuju Kerajaan Surga ini, bahkan ada model disediakan Allah supaya sapat diikuti oleh umat-Nya, yakni Putera-Nya sendiri, yang datang “untuk menggenapi Hukum-Nya yang tertulis dalam Taurat itu” (Matius 5:17-19).

Untuk Ziarah menuju Kerajaan Surga ini, Yesus bahkan menyediakan dan memberikan diri-Nya sebagai “Jalan, Kebenaran, dan Hidup” (Yohanes 14:6). Karena itu, arah dan tujuan Ziarah Umat Allah di Zaman Yesus ini sesungguhnya tinggal mengikuti Sang Firman yang menjadi manusia ini: mengikuti apa yang Dia ajarkan dan melakukan apa yang Dia lakukan. Di dalam dan bersama Yesus ini, sesuai dengan Firman-Nya dalam Yohanes 14:6 tersebut, Umat Allah sesungguhnya sudah mencapai tujuannya, yakni mendapatkan kehidupan yang kekal (Yohanes 1:4; 3:15-26; 6:40. 47).

Pada akhirnya, untuk mencapai Ziarah Menuju kepada Kehidupan di dalam dan bersama Tuhan ini, pilihan kita (umat manusia) tinggal atau menerima Yesus atau tidak menerima Dia, (Yohanes 1:11-13). Hari-hari sepanjang Masa Prapaskah ini, kiranya menjadi kesempatan yang kita gunakan untuk membarui pilihan kita dalam mengikuti Yesus Kristus, Sang Firman yang telah menjadi manusia bagi kita ini. Amin (RMG).

(RD. Marcel Gabriel – Imam Keuskupan Pangkalpinang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Sakramen rekonsiliasi: Marilah kita berdoa agar melalui sakramen rekonsiliasi, kita membarui diri lebih dalam, sehingga dapat merasakan belaskasih Allah yang tiada batasnya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Perhatian pada yang pokok: Semoga umat katolik selalu belajar untuk lebih memperhatikan hal-hal yang pokok, baik jiwa maupun raga. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Dalam bulan yang dipersembahkan kepada Santo Yoseph ini, izinkanlah kami mendapat Roh, yang terbuka untuk mendengarkan Kehendak-Mu, supaya dapat mengabdi Keluarga Kudus. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s