DOA KEPADA SANTO YUSUF PEKERJA

Wahai imam agung yang mulia, Santo Yusuf, pengrajin Nazaret yang rendah hati dan adil, Engkau telah memberikan teladan hidup yang sempurna kepada semua orang Kristen dan khususnya kepada kami melalui kerja keras dan persatuan yang mengagumkan dengan Yesus dan Maria. Bantulah kami dalam pekerjaan sehari-hari agar kami, para pekerja Katolik, juga dapat melihat di dalam karya kami, cara yang efektif untuk memuliakan Tuhan, menyucikan diri, dan menjadi anggota yang berguna dalam masyarakat tempat kami tinggal. Semoga hal ini menjadi cita-cita tertinggi untuk semua tindakan kami.
.
O Pelindung terkasih, berikanlah kepada kami kerendahan hati dan kesederhanaan hati dari Tuhan, cinta untuk pekerjaan dan kebaikan kami terhadap rekan sekerja kami; kesesuaian dengan kehendak Tuhan dalam pencobaan yang tak terhindarkan dalam hidup ini bersama dengan sukacita dalam menanggungnya; pengakuan misi sosial kami secara khusus dan rasa tanggung jawab; semangat dan disiplin doa; kepatuhan dan hormat terhadap atasan; semangat persaudaraan terhadap sesama kami; amal dan kesejahteraab yang menjadi tanggungan kami.
.
Sertailah kami di saat-saat kemakmuran, ketika kami diberi kesempatan untuk menikmati dari hasil kerja kami yang halal; jadilah sandaran saat kami berada di saat-saat sedih, ketika Surga tampaknya tertutup dalam pandangan kami, dan bahkan ketika alat-alat yang digunakan oleh tangan kami untuk bekerja keras tampak memberontak melawan kami.
.
Perkenankanlah kami untuk mengikuti teladanmu, sehingga kami dapat tetap memusatkan perhatian pada Bunda kami, Maria, Pasangan terkasihmu, yang saat dia menanti dengan sabar di sudut tempat kerjamu, menampakkan senyum termanis mengalir di bibirnya. Dan juga, semoga kami tidak pernah mengalihkan pandangan dari Yesus, yang sibuk bersamamu di meja tukang kayu, agar kami dengan cara yang sama dapat menjalani kehidupan yang damai dan suci di bumi, awal dari kehidupan kebahagiaan kekal yang menanti kami di Surga yang kekal. Amin.
.
(Ven. Paus Pius XII)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s