Ikut YESUS, Beranikah Tinggalkan Segala?

Renungan Harian Misioner
Selasa, 25 Mei 2021
P. S. Beda Venerabilis, S. Gregorius VII, S. Maria Magdalena dë Pazzi

Sir. 35:1-12; Mzm. 50:5-6,7-8,14,23; Mrk. 10:28-31

Bacaan Injil yang kita renungkan hari ini, dari Markus 10:28-31, merupakan bagian integral dari tema tentang “siapa yang boleh memperoleh kehidupan kekal” (Mrk. 10:1-31). Pernyataan Petrus yang dilaporkan Penginjil Markus sebenarnya juga dimaksudkan untuk menanyakan apakah para murid yang telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Yesus, akan mendapatkan kehidupan kekal? Jawaban yang diberikan Yesus di luar penantian Petrus dan juga para murid yang lain: pada zaman yang akan datang mereka akan menerima hidup yang kekal. Tidak hanya itu! Mereka yang karena Yesus dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya, orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang! Di sini perlu digarisbawahi bahwa Yesus akan memberikan seratus kali lipat dari apa yang telah mereka tinggalkan, saat ini juga ketika para murid masih hidup di dunia ini! Ini luar biasa!!! Namun demikian Yesus juga tidak menutup-nutupi adanya kemungkinan berbagai penganiayaan yang akan mereka alami.

Apakah “janji” yang dikatakan Yesus ini benar? Banyak orang yang secara radikal mengikuti Yesus sebagai imam, biarawan-biarawati membenarkan kata-kata Yesus itu. Mereka mengalami bahwa saat ini juga – dalam peziarahan di bumi ini mereka mendapatkan seratus kali lipat apa yang telah mereka tinggalkan. Mereka meninggalkan satu rumah milik orang tua mereka namun ke mana pun mereka pergi dengan mudah akan mendapatkan rumah untuk sekedar beristirahat seperlunya, dalam bentuk rumah yang yang dimiliki oleh kongregasi atau rumah yang disediakan umat. Mereka meninggalkan saudaranya laki-laki dan perempuan, bapa serta ibu mereka, dan di mana pun mereka bertugas akan mendapatkan ayah, ibu dan saudara-saudari baru yang jumlahnya ratusan kali lipat.

Apakah kata-kata Yesus ini hanya berlaku bagi para imam dan biarawan-biarawati? Tentu jawabnya: tidak! Sabda Yesus ini berlaku untuk semua pengikut Yesus. Semakin radikal dan sungguh-sungguh orang mengikuti Yesus, ia akan semakin berani meninggalkan segalanya. Dan bagi dia yang berani meninggalkan segalanya itu, Yesus akan memberikan seratus kali lipat dari apa yang sudah ditinggalkannya. Bukan hanya itu! Yesus juga akan memberikan hidup yang kekal! Beranikah kamu menanggapi tawaran ini? Yesus menunggu jawabanmu. Ia menghendakimu supaya kamu mengikutinya secara total dan radikal dan bukan hanya setengah-setengah, penuh perhitungan secara manusiawi.

(RP. Yakobus Sriyatmoko, SX – Magister Novis Serikat Xaverian di Wisma Xaverian Bintaro, Tangerang)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dunia Keuangan: Marilah kita berdoa bagi mereka yang bertanggung jawab dalam keuangan agar bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatur bidang keuangan dan melindungi warga dari bahaya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para buruh: Semoga pemerintah dan pengusaha dapat segera menemukan jalan untuk mengatasi krisis pengangguran dan berusaha untuk sedapat mungkin mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah menjadikan Santo Yoseph pelindung para pekerja kami, sehingga mampu melaksanakan tugas mereka dalam keluarga dan masyarakat luas, sehingga menemukan kebahagiaan dalam tugas mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s