Percayakah Kita akan Penyelenggaraan Ilahi?

Renungan Harian Misioner
Rabu, 26 Mei 2021
P. S. Philipus Neri

Sir. 36:1,4-5a,10-17; Mzm. 79:8,9,11,13; Mrk. 10:32-45. atau dr Ruybs

Abad 16 mempunyai banyak orang kudus. St. Philipus Neri adalah satu daripadanya. Ia malah disebut sebagai Rasul Ketiga untuk Roma (sesudah Petrus dan Paulus). Sebab ia amat melayani umat Roma “habis-habisan”. Ia mendirikan Serikat Oratorian Neri.

BACAAN PERTAMA: Sir. 36:1.4-5a.10-17
Pada awal masa dewasanya, Philippus Neri diberi tugas untuk pelayanan kemasyarakatan. Dari dekat Monte Casino (pernah ditinggali St. Benediktus) itulah Philipus dekat sekali dengan masyarakat, sampai suatu titik ia ingin secara lebih khusus melayani Gereja. Maka dapat dipahami, kalau bacaan Putra Sirakh dipilih. Sebab permohonan awalnya adalah mengenai ‘kekuasaan Tuhan atas manusia’. Bacaan sekitar anak-cucu Abraham-Ishak-Yakub ini menggambarkan kesibukan awal hidupnya sebagai orang dewasa. Dalam konteks itulah Gereja didekatkan dengan pelayanan bagi Yerusalem. Dimohon agar supaya Tuhan melimpahi rahmat kepada seluruh “umat-Nya”. Dalam pada itu, intisari iman tetap diperhatikan, yaitu permohonan agar orang berbakti sepenuh iman kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mzm. 79:8.9.11.13
Dalam doa Daud ini dimohon agar supaya umat diberi ampun akan segala dosa di masa silam dan dibawa pada kesejahteraan sebagai umat Allah yang terkasih. Warna dasarnya berhubungan dengan peperangan dan pembebasan dari perang. Hal itu mudah dipahami, apabila mengingat, bahwa di abad 16, Italia masih dipenuhi dengan perselisihan suku.

BACAAN INJIL: Mrk. 10:32-45
Suasana yang diungkapkan dalam Bacaan pertama dan Mazmur Tanggapan terbentang juga dalam Injil. Tuhan Yesus mengingatkan para murid, akan situasi dan kondisi masyarakat yang tidak ‘aman’. Meskipun demikian, Tuhan membesarkan hati para murid: tidak perlu takut. Sebab Allah senantiasa menelenggarakan hidup seluruh umat-Nya. DALAM pada itu, para Rasul diminta untuk tidak tenggelam pada hasrat duniawi saja, melainkan mengarahkan hati kepada Pelayanan Umat sampai kepada Bakti Terdalam kepada Allah. Dengan demikian Yesus tidak menyangkal akan bahaya manusiawi, namun mengajak orang mengarahkan perhatian pada “bakti sejati kepada Allah Bapa di surga”.

Refleksi: sejauh manakah kita takut sekali pada bahaya manusiawi dan sejauh manakah kita percaya kepada Penyelenggaraan Ilahi? Apakah kita SIAP untuk berbakti kepada Allah bersama Sang Putera: apa pun risikonya?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Dunia Keuangan: Marilah kita berdoa bagi mereka yang bertanggung jawab dalam keuangan agar bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatur bidang keuangan dan melindungi warga dari bahaya. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para buruh: Semoga pemerintah dan pengusaha dapat segera menemukan jalan untuk mengatasi krisis pengangguran dan berusaha untuk sedapat mungkin mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah menjadikan Santo Yoseph pelindung para pekerja kami, sehingga mampu melaksanakan tugas mereka dalam keluarga dan masyarakat luas, sehingga menemukan kebahagiaan dalam tugas mereka. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s