Nilai Hidup Baru Di Dalam YESUS

Renungan Harian Misioner
Senin, 21 Juni 2021
P. S. Aloysius Gonzaga

Kej. 12:1-9; Mzm. 33:12-13,18-19,20,22; Mat. 7:1-5; atau dr RUybs

Dalam tradisi, St. Aloysius yang diperingati hari ini dipandang sebagai pelindung orang muda. Dia memang adalah seorang frater Serikat Yesus, yang mengajak teman-temannya orang muda untuk mendampingi orang-orang sekotanya, yang mengalami penderitaan sakit dan akhirnya meninggal di tengah pelayanannya. Dia amat pantas menjadi teladan orang muda, di tengah wabah sedunia: begitu banyak orang sakit dan bahkan meninggal karena penyakit.

BACAAN PERTAMA – KEJADIAN 12:1-9:
Perjalanan Abram sering dipahami sebagai perjalanan pengembara biasa, yang mencari tempat tinggal maupun tempat menghidupi keluarga sehingga sampai sekarang pun tidak jarang di Timur Tengah orang mempertengkarkan tanah dan kekuasaan ekonomi politis, dengan merujuk pada satu Bapa Leluhur yang sama, yaitu Abram atau Abraham atau Ibrahim. Namun kita perlu membaca Alkitab, sebagai ungkapan iman. Memang Allah membimbing Abram di tengah alam dan bangsa-bangsa, namun Alkitab sesungguhnya mengajak orang beriman menyelami ‘makna rohani’-nya. Itulah muara akhir ziarah iman. Hal itu hendaknya juga mewarnai kita dalam membaca riwayat St. Aloysius: menyelami panggilan imannya. Hanya dengan cara itulah kita dapat masuk ke dalam riwayat iman Aloysius.

REFLEKSI KITA: Apakah kita benar-benar menyelami segi iman dalam riwayat para Kudus dan bersedia mengikut jejaknya dengan cara itu? Apa yang akan kita lakukan?

BACAAN INJIL – MATIUS 7:1-5:
Bacaan Matius ini mengajak kita menyelami cara kita memberi nilai terdalam pada segala peristiwa dalam hidup kita. Ketika Aloysius meninggalkan rumah orang tuanya, maka ia memilih suatu “nilai hidup, yang berbeda dengan keluarganya, – masuk dalam hidup, yang dipersembahkan dalam Serikat Yesus”. Selanjutnya, ketika harus menjalani masa pendidikan dalam Serikat Yesus, ia memilih “nilai hidup baru, yaitu mendampingi orang-orang sakit di sekitarnya”. Dengan demikian, perubahan cara memandang nilai hidup itu sungguh mengikuti panggilan Tuhan Yesus. Sr. Aloysius adalah teladan yang amat luhur dalam menempatkan Tuhan Yesus dalam diri banyak penderita, sebagaimana Yesus juga sudah lebih dahulu melakukannya.

REFLEKSI KITA: Apakah kita mau memohon Roh agar memperdalam iman kita sehingga menemukan cinta Yesus, Sahabat kita? Cobalah menoleh ke kiri dan kanan.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keindahan Perkawinan: Marilah kita berdoa bagi kaum muda yang sedang mempersiapkan perkawinan dengan dukungan komunitas Kristiani: semoga mereka bertumbuh dalam cinta, dengan kemurahan hati, kesetiaan dan kesabaran. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pegiat dan pengguna media sosial: Semoga semua pegiat dan pengguna media sosial dikaruniai keutamaan untuk dapat terus berkreasi menebarkan hal-hal positif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memberi kami hati, seperti Hati Putera dari Bapak Yoseph, untuk mengambil bagian secara tulus dalam membangun Paguyuban Umat Beriman dalam keluarga-keluarga dan komunitas-komunitas kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s