YESUS KRISTUS Mendirikan Gereja?

Renungan Harian Misioner
Selasa 29 Juni 2021
HARI RAYA Santo Petrus dan Santo Paulus, Rasul

Kis. 12:1-11; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7,8-9; 2Tim. 4:6-8,17-18; Mat. 16:13-19

Empat belas tahun setelah kematian Yesus, Herodes menyuruh membunuh Yakobus saudara Yohanes. Demi menyenangkan hati orang Yahudi, ia juga menyuruh menangkap Petrus, lalu memenjarakannya. Jemaat dengan tekun mendoakan Petrus. Lalu Tuhan mengutus malaikat membawa Petrus keluar dari penjara secara ajaib, terbebas dari niat jahat Herodes dan orang Yahudi. It’s blessing in disguise terjadilah perubahan luar biasa, sampai pada akhirnya kota Roma berhasil dijadikan ibukota dan pusat Gereja sampai sekarang.

Rasul Paulus mengalami panggilan yang berbeda, meski ia harus mati dalam pelayanan namun dia menyadari bahwa Tuhan akan menyelamatkannya, dan ia boleh masuk dalam Kerajaan-Nya di surga. Pesan penting yang diwariskan kepada kita umat-Nya yang terus setia melayani-Nya sampai akhir adalah bahwa kita memiliki pengharapan sebagaimana Paulus. “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya” (2Tim. 4:7-8). Oleh karenanya tetaplah tekun dan setia dalam pelayanan, tak perlu membandingkan jerih payahmu dengan yang lain. Mahkota kebenaran akan dikaruniai di surga.

Hari ini Gereja memperingati pesta Santo Petrus dan Santo Paulus, Rasul. Pesta kehadiran Gereja yang didirikan Kristus sebagai tanda dan kunci keselamatan di dunia.

Benarkah Yesus Kristus mendirikan Gereja? Masih ragukah kita atas apa yang tertulis dalam Injil hari ini? “…And I tell you, you are Peter, and on this rock I will build My church, and the powers of death shall not prevail against it. I will give you the keys of the kingdom of heaven, and whatever you bind on earth shall be bound in heaven, and whatever you loose on earth shall be loosed in heaven.” (Matthew 16:18-19).

Gereja yang didirikan Kristus tetap berdiri sampai hari ini, Gereja yang berpusat di Roma dan berkembang ke seluruh penjuru dalam kesatuan dengan-Nya. Yesus memberikan kunci Kerajaan Surga kepada Petrus. Apa yang dia ikat di dunia akan terikat di surga dan apa yang dia lepaskan di dunia akan terlepas di surga. Kuasa mengikat dan melepaskan, menentukan ketetapan di bidang dogma dan moral, ajaran dan kesusilaan dalam lingkup Gereja diberikan kepada Petrus sebagai pimpinan tertinggi Gereja yang didirikan oleh Kristus sendiri. Petrus adalah Paus pertama dalam Gereja Katolik. Ia memimpin Gereja dan para rasul serta para penerusnya. Kuasa Yesus terus berkelanjutan sampai hari ini. Kuasa magisterium “mengajar” sebagai ketetapan yang ditentukan oleh Yesus sendiri, memberi kepastian, menjamin ajaran agama Katolik berada di jalan keselamatan menuju surga. Saat ini, Gereja dipimpin oleh Paus Fransiskus, Paus ke-266 yang adalah pemimpin Gereja Katolik dan sekaligus kepala negara Vatikan.

Mari kita menjadi umat yang taat dan setia pada Gereja yang didirikan Kristus sendiri. Percaya akan Gereja yang satu, Kudus, Katolik dan Apostolik.

(Alice Budiana – Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini, Paroki Kelapa Gading – KAJ)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Keindahan Perkawinan: Marilah kita berdoa bagi kaum muda yang sedang mempersiapkan perkawinan dengan dukungan komunitas Kristiani: semoga mereka bertumbuh dalam cinta, dengan kemurahan hati, kesetiaan dan kesabaran. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Pegiat dan pengguna media sosial: Semoga semua pegiat dan pengguna media sosial dikaruniai keutamaan untuk dapat terus berkreasi menebarkan hal-hal positif dan terhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memberi kami hati, seperti Hati Putera dari Bapak Yoseph, untuk mengambil bagian secara tulus dalam membangun Paguyuban Umat Beriman dalam keluarga-keluarga dan komunitas-komunitas kami. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s