Sadarkah Engkau Betapa TUHAN Mencintaimu?

Renungan Harian Misioner
Kamis, 22 Juli 2021
Pesta S. Maria Magdalena

Kid. 3:1-4a atau 2Kor. 5:14-17; Mzm. 63:2,3-4,5-6,8-9; Yoh. 20:1.11-18

Antiphona Pembukaan mencerahkan warna ibadat hari ini, selaras dengan gambaran Gereja mengenai isi iman Kristiani, yaitu cinta kasih Tuhan kepada kita semua. Cinta itu tidak terlepas dari pola kasih Allah kepada manusia, yang sudah nampak dalam Kisah Penciptaan, sejak Kej. Bab 1 dan 2. Oleh sebab itu Allah menciptakan manusia, pria-wanita dan mempersilahkan mereka membangun keluarga serta mengembangkan umat manusia tanpa henti.

BACAAN I – KIDUNG AGUNG 3:1-4a:
Sudah dalam Perjanjian Lama dipaparkan cinta kasih Allah kepada manusia, bukan sebagai kasih sayang teoretis atau hanya dalam bayang-bayang saja, melainkan dilukiskan amat nyata, seperti cinta kasih antar manusia. Sepanjang Perjanjian Lama, cinta kasih Allah kepada manusia memang bukan sekadar ritual atau gambaran seperti pada banyak bakti dalam bangsa-bangsa, melainkan cinta kasih yang nyata: dari dalam keluarga maupun di tengah masyarakat, sampai kepada bentuk-bentuk kenegaraan. Namun dari Perjanjian Lama kita dapat menyaksikan, bahwa cinta kasih Allah kepada manusia dan panggilan manusia juga membawa serta cakrawala tana batas, sehingga kerap kali ditunjukkan dalam bentuk-bentuk “keluarbiasaan”-Nya. Gambaran itu sekaligus mendekatkan manusia dengan Allah, tetapi juga mendorongnya sampai ke cakrawala tanpa batas Keilahian.

Refleksi: seberapa nyatakah cinta Allah dalam pengalaman hidup Anda dan seberapa sungguhkah cinta Anda kepada Allah?

BACAAN INJIL – YOHANES 20:1.11-18:
Cinta yang merangkum Maria Magdalena dengan Yesus sudah nampak dalam perjalanan pembangunan Gereja; tetapi diperdalam lagi sampai masa-masa sesudah Kebangkitan. Pola yang diperlihatkan Yohanes juga membuka suatu halaman baru dalam penciptaan Paguyuban Umat Beriman, yaitu bahwa Murid Perempuan seperti Maria Magdalena mendapat tempat istimewa, sebagai yang ditugasi untuk mewartakan Misteri Kebangkitan dan Cinta Mulia Sang Terbangkitkan. Dia malah diutus untuk mewartakan Kebangkitan kepada para murid lain. Di Paguyuban Umat yang Beriman kepada Yesus Kristus, Sang Terbangkitkan, semua murid sama-sama dicintai dan diberi tugas menjadi pewarta Misteri Kehidupan Tuhan Yesus Kristus. Tugas itu diberikan bukan karena kehebatan perseorangan, melainkan karena cinta kasih Tuhan sendiri. Oleh sebab itu, kesaksiannya juga kesaksian mengenai Cinta Kristus; bukan atas jasa para utusan sendiri. Pada masa sekarang, kita semua mendapat tugas pengutusan mewartakan Kabar Gembira Yesus Kristus, karena Tuhan yang menugasi.

Refleksi: Pernahkah Anda menyadari, betapa besar cinta kasih Tuhan kepada Anda secara pribadi? Sadarkah Anda bahwa Anda diutus untuk menjadi Saksi Tuhan kepada semua orang? Siapkah Anda?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Persahabatan Sosial: Kita berdoa agar dalam situasi konflik sosial, politik dan ekonomi, kita berani dan penuh semangat menjadi sarana dialog dan persahabatan. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para pendidik: Semoga para pendidik semakin hari semakin kreatif, dengan berusaha mengembangkan materi pendidikan melalui media sosial dan teknologi. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah melimpahkan Roh Sukacita, agar kami boleh merasakan sukacita dalam mendidik para muda, seperti Santo Yoseph, yang bersama Bunda Maria mendampingi pertumbuhan Sang Putera, dalam Keluarga Nasaret. Kami mohon…

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s