Tidak Ada Kepalsuan

Renungan Harian Misioner
Selasa, 24 Agustus 2021
Pesta S. Bartolomeus, Rasul

Why. 21:9b-14; Mzm. 145:10-11,12-13ab,17-18; Yoh. 1:45-51

Nama Bartolomeus tercatat dalam ketiga Injil Sinoptik, Matius, Markus, Lukas dan Kisah Para Rasul. Ia seorang petani berasal dari sebuah kampung bernama Kana. Ayahnya bernama Tolmai yang artinya petani. Menurut para ahli Kitab Suci dan sejarahwan, nama Bartolomeus dan Natanael adalah orang yang sama.

Dalam Injil Yohanes, Bartolomeus/Natanael digambarkan sebagai orang yang jujur dan tulus. Ketika Yesus bertemu dengannya, kata-Nya: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Natanael setia mengikuti Yesus, hingga Ia wafat disalib dan menjadi saksi kebangkitan-Nya. Menerima kuasa Roh Kudus pada hari Pentakosta menjadikannya sebagai pewarta Injil yang luar biasa di belahan dunia Timur. Bartolomeus mewartakan Injil ke Hierapolis di Asia Kecil. Berkarya bersama dengan Filipus. Sepeninggal Filipus setelah pembebasannya dari penjara, Bartolomeus mewartakan Injil di provinsi Likaonia, Asia Kecil.

Akhir hidupnya Bartolomeus mati sebagai martir di Albanopolis di Armenia. Dikabarkan ia dipenggal kepalanya, tetapi tradisi lain menyatakan bahwa ia dikuliti hidup-hidup dan disalib dengan kepala di bawah. Penyebabnya karena Bartolomeus mengajak Polymius, raja Armenia, menjadi penganut Kristen. Sehingga Astyages, saudara laki-laki Polymius, memerintahkan agar Bartolomeus dihukum mati.

Pada abad ke-4 jenazah Bartolomeus dipindahkan ke sebuah gereja di Roma, di sebuah pulau di tengah-tengah sungai Tiber. Pada abad ke-13 Biara Saint Bartholomew Monastery didirikan di Armenia pada tempat kemartiran rasul Bartolomeus di provinsi Vaspurakan di Greater Armenia (bagian Tenggara Turki). Pesta Santo Bartolomeus diperingati Gereja setiap tanggal 24 Agustus.

Yesus sendiri memuji Natanael/Bartolomeus sebagai seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya. Yesus juga menghendaki kita menjadi seperti Natanael, tidak ada kepalsuan. Bersikap jujur apa adanya, berani mengakui kelebihan orang lain dan menerima kekurangan diri sendiri. Tak perlu ada iri hati apalagi kepalsuan yang dapat berdampak buruk dalam persahabatan/persatuan.

Mari kita jadikan hidup, karya dan pelayanan kita sebagai persembahan yang tulus kepada-Nya. Menghayati iman menjadi pewarta kabar gembira yang senantiasa menyebarluaskan hal-hal baik, benar, tulus, mulia dan suci agar hidup kita senantiasa berjalan menuju kekudusan.

Seperti Natanael mewartakan Injil sampai akhir hidupnya di dunia, meski harus berakhir mengerikan namun di hadapan Tuhan dia dimuliakan. Beroleh mahkota di surga mulia.

(Alice Budiana – Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini, Paroki Kelapa Gading – KAJ)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gereja: Marilah kita berdoa bagi Gereja, agar menerima dari Roh Kudus, rahmat dan kekuatan untuk memperbarui dirinya dalam cahaya Injil. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Menanggulangi masalah rasialisme: Semoga pemerintah dikaruniai kejernihan hati dan pikiran dalam membimbing masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh isu perbedaan sosial, budaya dan ras yang mudah meledak. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Perkenankanlah kami menyertai Santo Yoseph untuk memperoleh Roh Kerendahan Hati, agar dalam kemerdekaan sejati dapat menyerahkan diri kepada Kehendak-Mu. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s