Jangan Simpan Imanmu, Pancarkan ke Dunia

Renungan Harian Misioner
Senin, 20 September 2021

P. S. Andreas Kim Taêgon, Paulus Chông Hasang, dkk
Ezr. 1:1-6; Mzm. 126:1-2ab,2cd-3,4-5,6; Luk. 8:16-18

Kim Taegon dkk adalah saksi iman, yang segar dalam ingatan kita dari Asia. Lepas dari latar belakangnya, sangatlah menarik untuk kita perhatikan, bahwa sejak zamannya, begitu banyak orang Korea menjadi murid Kristus. Umat tidak hanya menjadi saksi iman dengan mati demi iman, tetapi juga dalam hidup karena iman. Banyak sekali umat Katolik Korea, yang memberikan sumbang baktinya sekarang kepada nusa dan bangsanya.

Refleksi kita: sejauh manakah kita telah menjadi saksi Kristus, melalui tulisan, ucapan, tuturan dan tindakan kita; sendirian maupun bersama-sama. Kita mohon spirit saksi.

BACAAN PERTAMA – Kitab Ezra 1:1-4: Situasi dan kondisi kemasyarakatan di kalangan Umat Yahudi waktu itu mendorong, agar orang dapat beriman kepada Allah dan melakukan kegiatan kemasyarakatan, yang amat bersifat sosial,- dalam aneka seginya. Nampak sekali, betapa kondisi negara amat mendukung kebijakan politis, ekonomis dan kultural waktu itu, supaya iman dapat menyuburkan hidup kemasyarakatan.

Refleksi kita: sejauh manakah kita sudah ikut mengusahakan terciptanya situasi kemasyarakatan, yang menimbulkan kerukunan serta kesuburan suasana, sehingga iman benar-benar menjiwai kehidupan bersama seluruh dunia. Hal itu dapat kita lakukan dengan tulisan kita, dengan suara kita, dengan pekerjaan kita serta dengan segala cara lain. Mari segera bertindak.

BACAAN INJIL – LUKAS 8:16-18: Lukas menggarisbawahi pesan Tuhan untuk para Utusan-Nya, para Rasul-Nya: janganlah iman disimpan hanya dalam hati, tetapi dipancarkan ke luar batin kita. Kita diutus untuk mewartakan Kabar Gembira serta menjadi seluruh dunia sebagai kancah bertumbuh serta berkembangnya Keluarga Allah.

Baik Bacaan Pertama dari Perjanjian Lama maupun Bacaan Injil dari Perjanjian Baru memperlihatkan panggilan kita semua untuk mewartakan Kabar Gembira. Dari kedua bacaan itu juga nampak, bahwa pengutusan untuk menjadi pewarta tidaklah dibatasi pada orang pandai atau orang kaya atau orang ‘berposisi’, tetapi ditugaskan kepada semua umat Allah.

Refleksi kita: sejauh manakah kita sudah menjadi Pewarta Kabar Gembira mengenai Cinta kasih Allah, baik secara perseorangan maupun sebagai komunitas. Marilah kita memohon Roh Kudus, untuk memberi kedalaman iman serta keterbukaan hati, sehingga menjadi pewarta Kabar Gembira, sampai akhir hayat kita. “Tuhan, ini saya. Utuslah”.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Gaya hidup yang ramah lingkungan: Kita berdoa agar kita semua bisa membuat keputusan yang berani untuk gaya hidup yang sederhana dan ramah lingkungan, bersukacita bersama orang muda kita yang dengan tegas berkomitmen dengan hal ini. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Mereka yang tertekan masalah ekonomi: Semoga mereka yang tertekan oleh masalah ekonomi bisa menemukan usaha-usaha baru yang bisa menjadi sumber nafkahnya. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Sudilah mengarahkan sejarah hidup kami seperti sejarah hidup Santo Yoseph, yang Kau bimbing menyatu dengan para Leluhurnya, sebagaimana nampak dalam Alkitab. Kami mohon…

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s