Misteri Terang (Hari Kamis)

TATA LAKSANA

DOA ROSARIO MISIONER

Hari Kamis

Misteri Terang


TANDA SALIB

PENGANTAR

Oleh Ketua KKM/Dirdios KKI Keuskupan:

Rekan-rekan muda, kaum remaja dan anak, Ibu, Bapak, Saudari dan saudara terkasih, Bapa Uskup Mgr. Fulton J. Sheen pernah mengungkapkan, “Ketika Doa Rosario Misioner selesai, seseorang telah merangkul seluruh benua dan semua orang di dalam doa.” Marilah berdoa Rosario Misioner dengan tekun dan melaksanakan mandat misioner Tuhan, tugas perutusan kita, dengan gembira.

Kita akan memulai rangkaian doa Rosario Misioner hari keduapuluhtujuh. Rangkaian doa Rosario ini akan diawali dengan doa pembuka, dilanjutkan rosario misioner, renungan misi, doa penutup, dan diakhiri dengan berkat Bapa Uskup.

Doa Rosario Misioner hari ini akan dipimpin oleh (Bapa Uskup / Imam)

Marilah kita siapkan hati dan diri untuk berdoa.

DOA PEMBUKA

Usk.  Marilah berdoa, (hening sejenak)

Allah Bapa yang Maha Pengasih,

Engkau mengutus Gereja untuk menghadirkan Kerajaan-Mu di tengah dunia dengan warta sukacita Injil dan perjuangan kesejahteraan segala makhluk. Bersama dengan Santa Perawan Maria, Bunda Putra-Mu Yesus Kristus, kami berdoa kobarkanlah semangat misioner umat beriman. Kuatkanlah dan bantulah kami supaya terus giat saling bekerja sama dan kreatif mewartakan kabar sukacita-Mu di tengah masyarakat, khususnya pada perayaan 400 tahun Kongregasi Penginjilan Bangsa-bangsa, 200 tahun Serikat Kepausan Pengembangan Iman, dan pada saat pemulihan dari pandemi Covid-19 ini.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami. U         Amin.

DOA ROSARIO MISIONER

(dipimpin oleh Bapa Uskup)

Aku Percaya

Kemuliaan

Terpujilah

Bapa Kami

Salam Putri Allah Bapa, Salam Maria … Salam Bunda Allah Putra, Salam Maria …

Salam Mempelai Allah Roh Kudus, Salam Maria … Kemuliaan

Terpujilah

Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami, lindungilah kami dari api neraka, hantarlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama jiwa-jiwa yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu.

  1. Misteri Terang yang pertama (Butir warna Kuning untuk Asia)

Yesus dibaptis di sungai Yordan

“Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari surga yang mengatakan, ‘Inilah Anak-Ku yang terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan.” (Mat. 3:16-17)

Doa untuk benua Asia:

Ya Bapa, bersama Maria Bunda Evangelisasi, Bunda segala bangsa, kami berdoa bagi kami yang berada di Benua Asia yang masih menghadapi permasalahan: intoleransi agama, serangan ujaran dan aksi kebencian. Setiap orang Engkau ciptakan setara dan berhak atas kebebasan berpikir, hati nurani, dan beragama. Makna hakiki toleransi terletak pada sikap adil, jujur, sikap objektif dan memungkinkan orang lain untuk melakukan hal yang berbeda dalam pendapat, kebiasaan, ras, agama, kebangsaan, dan suku atau etnis dengan kita. Semoga melalui didikan keluarga, kearifan lokal, dan juga pendekatan multidisilpin dapat membuat masyarakat kami semakin memiliki toleransi serta mau ikut berjuang menghentikan kejahatan, kekerasan, pembunuhan, serta teror atas nama agama. Jadikanlah kami alat-Mu, yang mampu menyadari tugas perutusan kami melalui rahmat baptisan, untuk menjadi jembatan persaudaraan dan persatuan bukan hanya di kalangan umat yang seiman, namun juga di antara sesama yang tidak mengenal dan percaya pada- Mu. Ajarilah kami menggunakan bahasa kasih dalam dialog antaragama, sehingga terang Injil dapat bersinar di dunia ini. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan dan Juruselamat kami. Amin.

Ya Maria Bunda evangelisasi, Bunda segala bangsa, doakanlah dan lindungilah kami, anakmu!

Bapa Kami

Salam Maria 10x Kemuliaan Terpujilah

Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami, lindungilah kami dari api neraka, hantarlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama jiwa-jiwa yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu.

2. Misteri Terang yang kedua (Butir warna Biru untuk Oceania-Australia)

Yesus menyatakan diri-Nya pada pesta perkawinan di Kana

“Atas permintaan Maria, bunda-Nya, Yesus mengatasi kekurangan anggur. Hal itu dilakukan Yesus […] sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.” (Yoh. 2:11)

Doa untuk benua Oceania-Australia:

Ya Bapa, bersama Maria Bunda Evangelisasi, Bunda segala bangsa, kami berdoa bagi negara-negara di Benua Australia dan Oceania. Berkatilah para pemimpin dan kaum muda harapan masa depan, juga para pendidik dan pihak-pihak yang selalu teguh mengupayakan  perbaikan-perbaikan  hidup  demi  kesejahteran  hidup  bersama. Doronglah semua negara yang ada di Benua Austalia dan Oceania untuk selalu mengupayakan adanya kerjasama dan dukungan satu sama lain antar negara-negara kepulauan dan perbatasan sekitar, terutama di bidang ekonomi dan juga pemeliharaan lingkungan. Dampingilah setiap proses dan upaya perbaikan yang dilakukan sehingga keadilan dan perdamaian di benua ini dapat terus terjaga dengan baik. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan dan Juruselamat kami. Amin.

Ya Maria Bunda evangelisasi, Bunda segala bangsa, doakanlah dan lindungilah kami, anakmu!

Bapa Kami

Salam Maria 10x Kemuliaan Terpujilah

Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami, lindungilah kami dari api neraka, hantarlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama jiwa-jiwa yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu.

3. Misteri Terang yang ketiga (Butir warna Putih untuk Eropa)

Yesus mewartakan Kerajaan Allah dan menyerukan pertobatan

“Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!” Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea. Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Surga serta menyembuhkan orang-orang di antara bangsa itu.” (Mat. 4:17.23)

Doa untuk benua Eropa:

Ya Bapa, bersama Maria Bunda Evangelisasi, Bunda segala bangsa, kami berdoa bagi permasalahan-permasalahan yang belakangan ini terjadi di negara-negara di Benua Eropa. Konflik antar negara-negara Eropa karena adanya perang Rusia dan Ukraina, pemutusan kerjasama antar negara, penghentian pasokan gas dan minyak yang menyebabkan harga-harga bahan pangan melonjak secara global. Situasi tersebut kini juga memberi dampak negatif pada perekonomian masyarakat dunia terutama pada negara-negara miskin. Mereka harus menghadapi tantangan berat, ancaman resesi, serta krisis energi. Kami berharap panggilan pertobatan yang Yesus serukan di seluruh Galilea, semoga juga menggaung di seluruh Benua Eropa. Jamahlah setiap hati agar mau berbelas

kasih, mengesampingkan kepentingan diri sendiri dan kelompok, serta mau mulai memikirkan nasib dan kepentingan orang banyak. Tuntunlah mereka yang terus berjuang atas nama kebenaran demi terwujudnya perdamaian dan kerjasama di Benua Eropa. Dengan pengantaraan, Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Ya Maria Bunda evangelisasi, Bunda segala bangsa, doakanlah dan lindungilah kami, anakmu!

Bapa Kami

Salam Maria 10x Kemuliaan Terpujilah

Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami, lindungilah kami dari api neraka, hantarlah

jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama jiwa-jiwa yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu.

4. Misteri Terang yang keempat (Butir warna Merah untuk Amerika)

Yesus menampakkan kemuliaan-Nya

“Yesus berubah rupa di sebuah gunung yang tinggi. Wajah-Nya bercahaya seperti matahari. Allah bersabda kepada tiga rasul Yesus, ‘Inilah Anak-Ku yang terkasih, kepada- Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia.” (Mat. 17:2.5)

Doa untuk benua Amerika:

Ya Bapa, bersama Maria Bunda Evangelisasi, Bunda segala bangsa, kami berdoa bagi negara-negara di Benua Amerika. Khususnya pada kesempatan ini kami ingin mendoakan negara-negara yang masih terus berjuang memberantas narkoba dan kelompok geng bersenjata. Begitu banyak peristiwa buruk yang terjadi: penyerangan, penembakan, pembunuhan, dan juga pemberontakan. Jauhkanlah orang-orang di Benua Amerika, khususnya kaum muda dari bahaya narkoba dan kelompok geng bersenjata. Semoga upaya-upaya pemberantasan yang dilakukan oleh pihak-pihak berwajib Engkau rahmati dengan keberhasilan. Dan semoga mereka yang menjadi korban baik yang mengalami langsung, maupun anggota keluarga yang ikut terdampak, dapat pulih dari trauma yang mereka rasakan, serta mampu bangkit kembali menjalani hidup dengan harapan dan sukacita baru. Dengan pengantaraan, Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Ya Maria Bunda evangelisasi, Bunda segala bangsa, doakanlah dan lindungilah kami, anakmu!

Bapa Kami

Salam Maria 10x Kemuliaan Terpujilah

Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami, lindungilah kami dari api neraka, hantarlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama jiwa-jiwa yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu.

5. Misteri Terang yang kelima (Butir warna Hijau untuk Afrika)

Yesus menetapkan Ekaristi

Yesus mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada mereka dan berkata, “Ambillah, inilah tubuh-Ku.” Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka. Ia berkata, “Inilah darah- Ku yang ditumpahkan bagi banyak orang.” (Mrk. 14:22-24)

Doa untuk benua Afrika:

Ya Bapa, bersama Maria Bunda Evangelisasi, Bunda segala bangsa, kami berdoa bagi Benua Afrika. Dari awal penciptaan, Engkau menciptakan manusia seturut citra-Mu. Kami bersyukur atas cinta yang Engkau limpahkan atas diri dan hidup kami. Namun masih banyak saudara-saudari kami di Benua Afrika yang berjuang melakukan perlawanan terhadap rasisme. Saat ini bahkan media sosial pun bermuatan rasisme, dan rasisme diperdagangkan demi uang. Semoga perjuangan atas hak asasi manusia dan pengakuan akan harkat dan martabat manusia yang terbebas dari SARA dapat berhasil memberikan kesempatan hidup yang sama kepada semua orang, terutama bagi mereka yang selama ini menjadi korban rasisme. Lindungilah dan peliharalah semua orang yang berada di Benua Afrika, lihatlah dengan tatapan kasih-Mu semua orang yang sedang menderita dan menjadi korban. Semoga mereka yang terlantar dan membutuhkan pertolongan, juga dapat merasakan rahmat kasih-Mu melalui uluran tangan dari sekitar. Dengan pengantaraan, Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Ya Maria Bunda evangelisasi, Bunda segala bangsa, doakanlah dan lindungilah kami, anakmu!

Bapa Kami

Salam Maria 10x Kemuliaan Terpujilah

Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami, lindungilah kami dari api neraka, hantarlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama jiwa-jiwa yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu.

RENUNGAN BULAN MISI hari ke…

Lihat teks terlampir. Teks renungan bisa dibacakan, diganti atau dibuat sendiri sesuai konteks.

DOA PENUTUP

Usk   Marilah berdoa, (hening sejenak)

Allah Bapa Sumber Cinta Kasih,

Kami bersyukur atas doa Rosario Misioner ini. Semoga dengan bantuan rahmat-Mu, kami semakin berani mewartakan sukacita Injil dan mewujudkan kebaikan bersama dalam hidup sehari-hari. Kobarkanlah api dalam diri kami cinta kasih kasih kepada sesama sampai kami Kaupersatukan dalam kehidupan abadi. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami.

U       Amin.

BERKAT

Usk   Tuhan bersamamu

U       Dan bersama rohmu

Usk   Semoga Allah Yang Mahakuasa membimbing, melindungi, dan memberkati saudara sekalian: BAPA, PUTRA, dan ROH KUDUS.

U       Amin.

PERUTUSAN

Dir.   Saudari-saudara terkasih, dengan demikian ibadah Rosario Misioner sudah selesai.

U      Syukur kepada Allah.

Dir.   Marilah pergi. Kita diutus!

U       Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s