Selalu Bersyukur atas Cinta ALLAH

Renungan Harian Misioner
Selasa, 21 Desember 2021
P. S. Petrus Kanisius

Kid. 2:8-14 atau Zef. 3:14-18a; Mzm. 33:2-3,11-12,20-21; Luk. 1:39-45

BACAAN PERTAMA Kid 2:8-14: Dalam nas Perjanjian Lama ini, lukisan sukacita digambarkan dilakukan oleh Kekasih Allah. Bayangan itu, merupakan gambaran umum, karena umat Israel merasakan dirinya menjadi Kekasih Allah. Seluruhnya mau mengajak orang menyadari, bahwa relasi antara manusia dengan Allah adalah kasih sayang; bukan atasan-bawahan, penguasa-budak, dstnya. Suasana kasih sayang itu sering diperlihatkanlah kelak oleh Guru dari Nasaret: seperti semua keluarga di dunia, karena Allah dipandang sebagai Bapa dan Sang Putera adalah saudara dan sahabat. Tuhan Yesus malah menunjukkan betapa anak-anak amat dicintai Allah dan menjadi ciptaan, yang dikasihi sekali oleh Bapa di surga. Mereka lambang orang yang dapat masuk surga.

Gambaran itu tepat diungkapkan dalam Peringatan St. Petrus Kanisius, yang dikenal sebagai pelayan Pendidikan dalam masa Pasca-Reformasi. Dia menyusun Katekismus, yang menolong anak-anak mengenal Bapa di surga. Itulah pula sebabnya, mengapa banyak Lembaga Pendidikan memohon St. Petrus Kanisius menjadi pelindung pelayanannya.

Mazmur Tanggapan Mzm. 33:2-3.11-12.20-21: menguatkan suasana cintakasih itu dalam melukiskan sukaria dan tari menari anak; yang merupakan cara orang menggambarkan anak di mana pun dan kapan pun. Itulah sebabnya, pewartaan yang dibawa Yesus bagi seluruh umat juga disebut “Kabar Baik” atau “Kabar Gembira”- Evangelium menjadi ungkapan umum sekali. Terjemahan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa apa pun kerap mengurangi warna ‘gembira’ (kecuali ‘Frohbotschaft’ dalam Bahasa Jerman).

Bait Pengantar Injil: membuat kita sadar, bahwa Natal sudah semakin dekat. Maka Kanak-kanak Yesus semakin dilukiskan dekat di tengah umat. Sukacita yang dibawa-Nya akan membawa keselamatan abadi.

BACAAN INJIL Lukas 1:39-45: menggambarkan kegembiraan Maria, yang baru menerima Kabar Gembira Gabriel dan Yohanes Pembaptis, yang mulai dikandung ibunya, saudari dari Santa Perawan Maria: sukacita tak terlukiskan dari perempuan-perempuan yang “penuh dengan karunia Allah”. Elisabet bersukacita karena hamil dan dikunjungi saudarinya, yang dikunjungi Gabriel: dua perempuan yang dilimpahi berkah Allah.

REFLEKSI KITA: asal dari segala sukacita dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru adalah karya Allah, yang tidak dapat secara cukup dilukiskan. Intisarinya, Allah memberi kegembiraan kepada manusia, dengan cara, yang hanya Allah dapat melakukannya. Syukurilah segala karunia ilahi dalam hidup Anda, keluarga, Gereja dan masyarakat.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Evangelisasi:

Katekis: Marilah kita berdoa bagi para katekis, yang dipanggil untuk mewartakan Sabda Allah: semoga mereka menjadi saksinya, dengan berani dan kreatif, serta dalam kuasa Roh Kudus. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia:

Para peternak: Semoga semua pihak yang berwenang menolong para peternak untuk meningkatkan usaha mereka agar mereka dapat hidup layak dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Kami mohon…

Ujud Khusus Tahun Santo Yoseph:

Berkenanlah memadukan kami dengan Keluarga Kudus, mengikuti pelayanan Santo Yoseph, memberikan bakti kepada Bunda Maria dan mengimani Sang Putera. Kami mohon…

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s