ALLAH Mengatasi Segala

Renungan Harian Misioner
Senin, 24 Januari 2022
P. S. Fransiskus dr Sales

2Sam. 5:1-7,10; Mzm. 89:20,21-22,25-26; Mrk. 3:22-30 atau dr Ruybs

Pesta St. Fransiskus dari Sales: bagi Gereja universal, Fransiskus adalah orang kudus, yang amat ‘berjasa’, karena menjadi pelindung orang ‘tuna rungu’. Di antara kita sekarang, ada banyak cara memberi perhatian kepada orang tunarungu: ada yang menarik perhatiannya melalui komunikasi dengan mata, sehingga orang membuat ‘tanda-tanda’ yang menunjuk pada huruf tertentu atau kode pengertian tertentu. Ada pula yang lebih mengarah pada indera lain. Fransiskus Sales menyapa orang tunarungu dengan komunikasi pribadi.

BACAAN PERTAMA 2Samuel 5:1-7.10: memperlihatkan, bagaimana hambatan masa silam dalam kepercayaan peran tunarungu telah dapat diatasi dan Sion diserahkan kepada Daud, yang sudah diurapi Allah. Pada dasarnya, berkah Allah menyebabkan orang dapat mengatasi penghambat-penghambat manusiawi; juga yang berkaitan dengan indera, yang bagi orang-orang lain mengganggu. Berita seperti itu menyebabkan orang semakin dikuatkan dalam beriman kepada Yahweh. Bagi mereka, Yahweh adalah “Penguasa semesta alam”, termasuk hal-hal yang mengganggu, karena urusan indera. Allah mengatasi segala.

REFLEKSI KITA: apakah kita yakin, bahwa Allah adalah penguasa segala?

BACAAN INJIL – Markus 3:22-30: Kabar yang disampaikan oleh Markus disebut sebagai ‘Kabar Gembira’, karena memperlihatkan, bahwa Allah membantu manusia untuk mengatasi segala hambatan berkomunikasi dan komunitas dalam kontak satu sama lain. Allah memang mengatasi segala. Oleh sebab itu, kehadiran Yesus menyebabkan terjadinya komunikasi. Dalam keyakinan itulah Fransiskus Sales mengajak umatnya terbuka pada kekuasaan Allah. Secara khusus komunikasi kepada Allah yang khusuk juga mengangkat komunikasi antara manusia satu sama lain. Itulah sebabnya mengapa Fransiskus Sales mengajak umat untuk mementingkan sekali komunikasi antar umat. Dalam cakrawala itulah pula Fransiskus Sales dimohon untuk menjadi pelindung pewartaan komunikasi di zaman modern ini, ketika hidup universal amat memerlukan komunikasi. Yang paling membutuhkan komunikasi dalam masyarakat adalah orang dewasa. Oleh sebab itu Fransiskus Sales ditetapkan sebagai pelindung pendidikan orang dewasa. Secara istimewa, Fransiskus Sales sekarang dimohon untuk menjadi pelindung para wartawan, yang menjadi pelaku penting komunikasi dalam dunia modern.

REFLEKSI KITA: sejauh manakah kita merupakan pribadi yang egois, ataukah komunikatif? Apakah kita mempersembahkan komunikasi-komunikasi kita kepada Allah, ataukah kita mudah berbohong atau memalsukan kebenaran, untuk kepentingan kita sendiri? Marilah kita membuka diri kepada Allah Putera, yang menyebut Diri sebagai “Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup”.

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal: Persaudaraan sejati

Kita berdoa untuk mereka yang menderita karena perundungan dan diskriminasi agama; semoga hak asasi dan martabat mereka diargai karena sesungguhnya kita semua bersaudara sebagai umat manusia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia: Menangkal hoaks

Kita berdoa, semoga di tengah simpang-siurnya informasi, gosip dan hoaks yang memancing emosi, kita tetap menanggapinya dengan hati lembut dan akal sehat. Kami mohon…

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s