Saling Dukung Demi Pewartaan Kabar Baik

Renungan Harian Misioner
Rabu, 26 Januari 2022
P. S. Timotius dan Titus

2Tim. 1:1-8 atau Tit. 1:1-5; Mzm. 96:1-2a.2b-3.7-8a.10; Luk. 10:1-9

ST. TIMOTIUS DAN TITUS: Pelbagai bacaan di hari ini memperlihatkan, bagaimana sudah sejak Gereja Perdana, para pelayan Gereja berjalan bersama untuk dapat menjadi satu komunitas pelayanan gerejawi. Mereka bekerjasama dengan tekad sama untuk mewartakan Sabda Allah yang sama; walaupun cara kerja dan pranatanya tidak seutuhnya sama.

BACAAN PERTAMA 2Tim 1:1-8: memperlihatkan relasi antara Paulus dengan Timotius. Pada dasarnya mereka melihat diri mereka sebagai orang-orang yang diutus ‘memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus’. Jadi yang terpenting bukanlah ‘kata-kata’ atau ‘aturan kerja mereka’. Kekuatan yang mendukung mereka adalah ‘karunia Tuhan Yesus’. Maka ucapan syukur mereka sampaikan kepada Allah. Syukur itu bukan karena sukses lahiriah maupun manajemen antara mereka, melainkan karena mereka ‘melayani Allah dengan setulus hati; bahkan kalau karena itu banyaklah ‘air mata yang mereka curahkan’. Mereka saling mendukung dalam doa.

Sementara itu Bacaan Titus 1:1-5: mengungkapkan sikap persahabatan antara para pelayan Kabar Gembira itu. Mereka saling mendukung dalam pelayanan. Dukungan itu juga nampak dalam Ibadat mereka dalam rangka pemberitaan Injil. Pun kalau untuk pelaksanaannya memang diperlukan ‘tata kerja’ tertentu, yang membutuhkan kerjasama yang teratur. Atas dasar itulah Mazmur Tanggapan mengajak mereka saling mendukung dalam bersukacita demi pewartaan Kabar Baik (Evangelium). 

Memang, Lukas 10:1-9 menunjukkan dengan jelas, bahwa pekerjaan memang banyak, sementara teman sekerja mereka rupanya kurang jumlahnya. Syukurlah bahwa Tuhan menjanjikan akan mendampingi dan memperlihatkan, bahwa di mana-mana orang akan didorong untuk mendukung pelayanan mereka. Mereka boleh percaya, bahwa pewartaan Injil dipersatukan dengan Pengutusan Tuhan.

REFLEKSI KITA:  sejauh manakah kita bersikap sebagai orang yang dilibatkan oleh Tuhan dalam Karya Allah? Apakah kita mengandalkan kekuatan sendiri? Dari lain sisi, percayakah kita akan dilingkupi oleh berkah Allah? Persembahkanlah pelayanan-pelayanan dalam Evangelisasi.

 (RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

DOA PERSEMBAHAN HARIAN

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal: Persaudaraan sejati

Kita berdoa untuk mereka yang menderita karena perundungan dan diskriminasi agama; semoga hak asasi dan martabat mereka diargai karena sesungguhnya kita semua bersaudara sebagai umat manusia. Kami mohon…

Ujud Gereja Indonesia: Menangkal hoaks

Kita berdoa, semoga di tengah simpang-siurnya informasi, gosip dan hoaks yang memancing emosi, kita tetap menanggapinya dengan hati lembut dan akal sehat. Kami mohon…

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s