TUHAN Kita

Renungan Harian Misioner
Jumat, 06 Januari 2023
Kaspar, Melkior dan Balthasar

1Yoh. 5:5-13; Mzm. 147:12-13,14-15,19-20; Mrk. 1:7-11 atau Luk. 3:23-38

Hari Minggu tanggal 08.1.23 nanti dalam Gereja Katolik akan dirayakan Hari Penampakan Tuhan. Dalam Gereja Lain, ada yang merayakannya pada tanggal 06 Januari. Bagaimana pun juga, yang ingin dirayakan adalah bahwa Sang Mesias datang kepada kita, untuk keselamatan kita semua. Marilah kita bergandengan tangan dengan para murid Kristus, dari aneka Gereja untuk menyambut Tuhan Yesus, sebagai TUHAN KITA, dan bersyukur.

BACAAN I: 1 Yoh 5:5-13: Bagi siapa pun yang mengimani YESUS, TUHAN KITA, Dia adalah sang Raja, yang mengatasi segala masalah yang dihadapi oleh siapa pun di dunia dan mau mengarahkan hati kepada Allah Bapa Pencipta, Sang Putra Penebus dan Roh Kebijaksanaan. Dengan iman itu, kita yakin, bahwa tidak ada apa pun yang dapat melampaui kepercayaan dan meluputkan kita dari hidup kekal, sebagaimana kita mengerti dari Perjanjian Lama dan Baru.

Refleksi kita: Apakah yang sering membuat kita ragu dalam beriman? Mohonlah kekuatan iman.

BACAAN INJIL: Markus 1:7-11 memperlihatkan iman para Rasul, bahwa semua yang diajarkan Guru dari Nasaret itu, datang dari Allah Bapa di surga atas bisikan Roh Kudus, sehingga mereka sepenuh hati mengimani-Nya. Hal itu mereka resapi sejak dari saat pertama mereka berjumpa dengan-Nya, ketika dibaptis Yohanes Pembaptis. Dalam hal itu, mereka dikuatkan karena mereka dan banyak sekali orang Israel waktu itu, amat terpesona pada cara hidup, cara bicara dan pembaptisan Yohanes Pembaptis. Dalam hal itu mereka memadukan keyakinan batin mereka akan Guru Nasaret dengan Pembaptis di Yordan tersebut. Pesona kenabian menyatu dengan iman akan Sang Mesias.

Refleksi kita: sejauh manakah kita mempelajari ajaran Yohanes Pembaptis? Seberapa dalam iman kita kepada Tuhan Yesus dari Sabda dan Hidup-Nya?

(RP. B.S. Mardiatmadja, SJ – Dosen STF Driyarkara)

Doa Persembahan Harian

Allah, Bapa kami, kepada-Mu kupersembahkan hari ini. Kuhunjukkan semua doa, pikiran, perkataan, tindakan maupun suka-dukaku hari ini dalam kesatuan dengan Putra-Mu Yesus Kristus, yang senantiasa mempersembahkan Diri-Nya dalam Ekaristi bagi keselamatan dunia. Kiranya Roh Kudus, yang menjiwai Yesus, juga menjadi Pembimbing dan Kekuatanku hari ini sehingga aku siap sedia menjadi saksi Kasih-Mu.

Bersama Santa Maria, Bunda Yesus dan Bunda Gereja, secara khusus aku berdoa bagi ujud-ujud Bapa Suci dan para rasul doa Gereja Indonesia untuk bulan ini:

Ujud Gereja Universal:Para pendidik – Kita berdoa untuk para pendidik, semoga mereka menjadi saksi yang dapat dipercaya, mengajarkan persaudaraan daripada kompetisi dan membantu mereka yang paling muda dan rentan.

Ujud Gereja Indonesia:Optimisme dan harapan – Kita berdoa, semoga tahun baru menjadi saat rahmat, yang mendorong kita untuk optimis, percaya dan berharap, bahwa Roh Tuhan akan menuntun dan membuka mata kita untuk bisa melihat kesempatan, peluang dan jalan keluar dalam pelbagai kesulitan, masalah dan tantangan yang harus kita hadapi.

Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s