Homili Paus Fransiskus pada Misa Kudus – Pesta Pembaptisan Tuhan – 8 Januari 2023

Pembaptisan 13 Bayi para Karyawan Vatikan

Para orang tua terkasih, terima kasih telah membawa anak-anak Anda ke sini, karena mengizinkan mereka masuk ke Gereja. Dan ini adalah hari yang baik, karena kita tidak lupa kapan kita dibaptis. Itu seperti hari lahir, karena Pembaptisan membuat kita dilahirkan kembali ke dalam kehidupan Kristiani. Inilah mengapa saya menyarankan Anda untuk mengajari anak-anak Anda tanggal Pembaptisan, seperti merayakan ulang tahun: agar setiap tahun mereka mengingat dan berterima kasih kepada Tuhan atas rahmat menjadi orang Katolik ini. Ini adalah tugas yang saya sarankan Anda lakukan.

Kemudian, mari kita renungkan sedikit tentang fakta bahwa anak-anak yang Anda bawa sekarang sedang memulai jalan, tetapi tergantung kepada Anda dan wali baptis untuk membantu mereka melanjutkan jalan ini. Kita diajarkan untuk berdoa sebagai anak-anak: bahwa mereka belajar berdoa, seperti anak-anak, setidaknya melakukannya dengan tangan mereka, dengan gerak tubuh… Bahwa mereka belajar berdoa, sebagai anak-anak, karena doa akan memberi mereka kekuatan sepanjang hidup mereka. hidup: di saat-saat yang baik, untuk berterima kasih kepada Tuhan, dan di saat-saat buruk, untuk menemukan kekuatan. Ini adalah hal pertama yang harus Anda ajarkan: berdoa.

Dan juga berdoa kepada Bunda Maria, yang adalah Bunda Allah, yang juga Bunda kita. Dikatakan bahwa ketika seseorang marah kepada Tuhan, atau telah pindah, Bunda Maria selalu dekat untuk memberi jalan agar dia dapat kembali. Itu pepatah. Tuhan selalu dekat dengan kita, tetapi Bunda Maria adalah ibu, dan ibu selalu lebih dekat daripada ayah. Sepanjang waktu. Mengapa? Karena begitulah adanya. Ibu memang seperti itu, dan itu bagus. Biarlah mereka belajar menjadi orang Katolik.

Mereka semua tenang sekarang dan baik-baik saja. Tapi mungkin salah satu akan berkata “la” dan memulai. Dan karena simfoni anak-anak itu, yang lain akan mengikuti. Biarkan mereka menangis, biarkan mereka menangis. Mungkin seseorang menangis karena lapar: berilah mereka ASI. Dengan segala kebebasan. Yang penting hari ini perayaan ini adalah pesta, pesta awal dari perjalanan Kristiani yang indah, di mana Anda akan membantu anak-anak Anda untuk maju. Mungkin beberapa terlalu tertutup dan kepanasan: buatlah mereka nyaman, marilah agar semua orang merasa nyaman.

Kita merayakan awal perjalanan ini bersama mereka. Dan tergantung kepada Anda untuk membantu mereka bergerak maju. Karena saya berakhir di sini, tetapi Anda sepanjang hidup Anda!

Terima kasih atas keputusan ini untuk membawa mereka ke Pembaptisan. Dan sekarang marilah kita melanjutkan perayaan.

.
Kapel Sistina
Minggu, 8 Januari 2023

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s