Mancanegara

Solidaritas Serikat Misi Kepausan


Hari Minggu Misi menjadi sebuah kesempatan untuk saling berbagi. Berbagi doa dan dana. Dana yang terkumpul itu, akan digunakan untuk karya misi Gereja di seluruh dunia.

Bulan Oktober adalah bulan yang didedikasikan untuk misi. Umat beriman dipanggil untuk berkomitmen secara khusus dengan jalan mendukung kebutuhan pastoral karya misi Gereja melalui dana. Kontribusi dari setiap negara di dunia dikumpulkan oleh Dana Solidaritas Universal dari Serikat Misi Kepausan. Dana inilah yang diolah dijadikan dana solidaritas bersama. Bagaimana cara mendapatkan bantuan dari uang tersebut? Proyek apa saja yang bisa mendapatkan bantuan? Apa nilai positif dari dana solidaris universal ini?

Di bawah ini, sebuah kesaksian dari Albania, dari komunitas para Suster Hamba Maria perihal dana yang diterima dari Serikat Misi Kepausan.

“Kami para Suster Hamba Maria yang berada di pinggiran Valona (Albania). Hampir setiap tahun, kami mengajukan permohonan untuk membantu anak-anak di sekolah kami. Dan kami pun mendapatkan bantuan secara rutin dari Serikat Misi Kepausan. Bantuan yang kami terima sangatlah bermanfaat khususnya dalam pembinaan dan peningkatan gizi bagi anak-anak di Albania,” ungkap Sr. Bardhe Gjini.

Lingkungan tempat sekolah yang dikelola oleh para Suster Hamba Maria berada di “Posi i Mezinit” yaitu sebuah perkotaan yang tidak teratur dalam beberapa tahun terakhir. Di sini terdapat kurangnya layanan sosial dan kesehatan penduduk yang terancam oleh debu yang terus mengepul dari jalan yang tidak pernah dibangun atau sedang dibangun kembali. Pasokan air tidak aman dan air mengalir hanya dijamin selama beberapa jam di siang hari. Listrik juga sering kurang sehingga kehidupan sehari-hari tidak mudah.

Menurut Sr. Bardhe, sejak tahun 1999 sekolah ini rutin mengajukan permohonan subsidi. Puji Tuhan, permohonan dikabulkan. “Terima kasih atas bantuan dana dari Serikat Misi Kepausan. Melalui dana ini, kami dapat membantu anak-anak yang paling membutuhkan, menghadapi beberapa pengeluaran dasar di bidang sosial-pendidikan. Kami telah memastikan mereka hadir gratis di Taman Kanak-Kanak dengan mendapatkan pakaian, alat tulis, bahan ajar, perawatan kesehatan dan makanan untuk pertumbuhan jasmani dan rohani yang sehat,” jelas Sr. Bardhe Gjini selaku kepala sekolah di sekolah tersebut.

Natal pada tahun 2020, pesta Natal dirayakan oleh anak-anak dan keluarga.  Kita harus ingat – kata  Suster Gjini – bahwa  di sini sebagian besar keluarga beragama Islam. Untuk kesempatan tersebut, representasi sakral dari kelahiran Yesus dibuat di Taman Kanak-Kanak kami,  tanda-tanda kecil yang mengatakan banyak, bahkan jika jalan menuju penyambutan umat Kristiani masih sangat panjang”.

Dukungan yang dapat diberikan oleh para Suster Hamba Maria Penolong Abadi kepada anak-anak Posi i Mezinit tidak akan mungkin terjadi jika tidak menerima dana solidaritas universal dari Serikat Misi Kepausan. Dengan kata lain, pengumpulan dana solidaris dari setiap Gereja di dunia dan pendistribusiannya kembali ke semua misi yang membutuhkannya, tanpa perbedaan atau partikularisme, memastikan kesetaraan sejati

dalam martabat dan berbagi sumber bahkan dengan para misionaris yang bekerja tanpa dukungan dengan keuskupan tertentu atau dengan institut misionaris tertentu.

Tidak semua misi, pada kenyataannya, dapat menikmati hak istimewa untuk berhubungan langsung dengan Gereja-Gereja lokal di bagian utara dunia, yang seringkali secara pribadi mengumpulkan dana untuk dialokasikan ke misi tertentu.

Inilah mengapa kata-kata terima kasih Sister Gjini ditujukan kepada siapa saja yang telah memberikan kontribusinya kepada Dana Solidaritas Universal. “Kami berterima kasih kepada Anda semua atas bantuan berharga yang telah Anda berikan kepada kami, memungkinkan kami memenuhi kebutuhan yang terkecil dan karenanya yang paling membutuhkan dari bagian misi di Valona ini. Juga di tahun ini, pada acara Minggu Misi Sedunia, marilah kita tidak melupakan pentingnya universalitas”.

Sumber:  https://www.missioitalia.it/albania-in-missione-per-i-bimbi-grazie-al-fondo-universale-di-solidarieta-delle-pom/

<<< Kembali ke Halaman Utama

Selanjutnya >>>