Varia

Cara Unik Merayakan Tradisi Epifani di Seluruh Dunia


Hari Raya Epifani dirayakan 12 hari setelah Hari Raya Natal. Tahun ini, umat kristiani merayakan Epifani pada tanggal 3 Januari. Hari Raya Epifani dikenal juga dengan nama Theophany, Hari Tiga Raja, Hari Raya Penampakan Tuhan. Dalam perayaan Epifani, umat kristiani merayakan wahyu Yesus kepada tiga orang Majus atau tiga raja. Mereka tiba di tempat kelahiran Yesus setelah mengikuti bintang di langit.

Umat kristiani di seluruh dunia memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan Hari Raya Epifani. Ini beberapa tradisi Epifani di seluruh dunia  untuk menambah wawasan kita.

  1. Tradisi Epifani di Spanyol

Umat kristiani Spanyol merayakan Epifani dengan membuat parade atau festival. Ini dikenal dengan nama “Festival Tiga Raja” atau “Fiesta de Los tres Reyes Mages”. Dalam tradisi Epifani di Spanyol, anak-anak menerima hadiah dari orang Majus. Di sana juga ada tradisi makan kue Roscón (artinya gulungan berbentuk cincin). Kue Roscón biasanya diisi dengan krim atau cokelat dan dihiasi dengan mahkota kertas, sosok raja, dan kacang kering. Di Catalonia, kue ini disebut Tortell atau Gâteau des Rois dan diisi dengan marzipan.

  1. Portugal

Orang kristiani di Portugal biasanya merayakan Epifani dengan mengambil bagian dalam nyanyian carol Epifani yang dikenal sebagai ‘Janeiras’ (lagu Januari). Di Pulau Maderia, nyanyian ini disebut “Cantar os Reis” (nyanyian para raja).

  1. Perancis

Tradisi Epifani di Perancis dirayakan dengan makan “Galette des Rois” atau kue Raja. Ini adalah kue almond pipih. Biasanya ada kue yang diisi dengan isian berbentuk mahkota atau patung dan di bagian atas kue dihiasi dengan mahkota kertas berwarna emas. Orang yang mendapat potongan kue ini akan mengenakan mahkota kertas berwarna emas dan menjadi tuan rumah perayaan pesta Epifani tahun berikutnya.

  1. Meksiko

Mirip dengan Perancis, tradisi Epifani di Meksiko juga dirayakan umat kristiani dengan makan bersama kue “Rosca de Reyes” (Kue Tiga Raja). Hari Raya Epifani di Meksiko disebut “El Dia de los Reyes” (Hari Tiga Raja).

  1. Jerman

Di Jerman, tradisi Epifani disebut Dreikönigstag (Hari Tiga Raja). Orang Jerman biasanya makan kue tiga raja saat Epifani. Kue ini berbentuk cincin yang diisi dengan jeruk. Momen Epifani ini juga menjadi hari libur nasional di Austria dan Swiss. Negara Swiss punya tradisi merayakan perayaan ini dengan cara memakan kue yang nampak seperti mahkota yang terdiri dari tujuh roti besar.

  1. Filipina

Di Filipina, Epifani disebut juga “Three Kings” atau Tres Reyes. Anak-anak di Filipina akan meninggalkan sepatu mereka dengan harapan raja akan mengisi sepatu mereka dengan permen atau hadiah lainnya.

  1. Italia

Saat Hari Raya Epifani, anak-anak di Italia mendapat hadiah. Mereka meletakkan stocking di dekat perapian untuk diisi hadiah oleh seorang perempuan tua bernama Befana.

  1. Inggris

Di Inggris, perayaan malam sebelum Epifani disebut Malam Kedua Belas. Dalam perayaan ini dihidangkan Twelfth Cake, kue buah.

Sumber: https://katolikpedia.id/hari-raya-epifani-bagi-umat-katolik/

<<< kembali ke Halaman Utama

Selanjutnya >>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s