Dalam Negeri

Ribuan Anak dari 9 Paroki Hadiri HUT SEKAMI ke-177 di Wamena

Hari Ulang Tahun Serikat Kepausan Anak dan Misioner (HUT SEKAMI) ke-177 dihadiri 1.150 anak dari 9 paroki yang ada di Dekenat Pegunungan Tengah Provinsi Papua, Minggu (5/1/2020), di Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Di hadapan ribuan anak-anak dari masing-masing paroki, Pastor Dekan Dekenat Pegunungan Tengah Papua, Kornelis Basakopon menyampaikan, Injil Kristus dapat disampaikan melalui cara dan gaya sendiri agar umat dapat merasakan urapan jasmani dari Tuhan.

“Pesan Bapa Paus, pada Peringatan Sekami ke-177 tahun ini mengajak kita semua terutama anak-anak, yang adalah bintang misioner,  diutus untuk mewartakan Injil,” kata Pastor Kornelis. Dengan mengangkat tema “Anak-anak Sekami Bersinergi dalam Mewartakan Injil”, Pastor Kornelis berpesan, perayaan ini tidak hanya sekedar sebuah tulisan tetapi harus dibawa dan dihidupi sebagai pengikut Kristus dalam tugas mewartakan Injil. “Maka untuk menyampaikan pesan-pesan Kristus, para pastor atau pendeta harus menyampaikannya sesuai dengan gaya dan cara masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Pastor Paroki Kristus Penebus Hepuba, Pastor Jhon Jonga mengatakan, peringatan Sekami ke-177 ini  bertujuan untuk menghilangkan rasa trauma pasca kejadian kerusuhan di Wamena pada 23 September 2019. “HUT  ini dilakukan  juga untuk menghilangkan rasa trauma dan ketakutan anak-anak usai kejadian tanggal 23 September 2019 lalu di Kota Wamena, maka tentunya dengan kegiatan seperti ini membawa kebahagiaan dan keceriaan  untuk anak-anak kami,” kata Pastor Jhon.

Kata Pastor, kerusuhan di Wamena membuat anak-anak trauma sehingga para pastor memutuskan untuk melakukan kegiatan sekaligus merayakan HUT SEKAMI untuk anak-anak. Dalam peringatan tersebut, dihadiri perwakilan dari  Kodam XVII Cenderawasih, Dandim 1702 Wamena serta Wakapolres Jayawijaya. Dalam perayaan ini dibagikan pula bingkisan untuk setiap anak.

Dalam sambutannya Kabintal Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel CAJ mengatakan, “Anak-anak muda agar dapat mengimani dan melaksanakan apa yang telah diajarkan Tuhan Yesus, dengan selalu menjalani hidup ini dengan penuh sukacita dan kegembiraan, karena tahun ini merupakan tahun berkat bagi semua orang.”

Robert Pandingan
https://suarapapua.com/2020/01/08/ribuan-anak-dari-sembilan-paroki-hadiri-hut-sekami-ke-177-di-wamena/

<<< Kembali ke Halaman Utama

Selanjutnya >>>